Areal RTH Udayana Mataram siap dipasang Lampu penerang

id PJU Udayana,Kota Mataram,Jogging trcak,RTH udayana

Areal RTH Udayana Mataram siap dipasang Lampu penerang

Arsip: penatatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Udayana Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera memasang puluhan titik lampu penerang di areal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Udayana bagian utara Teras Udayana agar bisa dimanfaatkan masyarakat beraktivitas malam.

"Jumlah lampu penerang yang akan kita pasang sekitar 20 titik," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Mataram M Nazaruddin Fikri di Mataram, Senin.

Pemasangan lampu penerang di areal RTH Udayana bagian barat selatan itu juga seiring usulan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat agar kawasan tersebut bisa terang benderang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: DLH usulkan pemasangan lampu penerang di RTH Udayana Mataram

Menurutnya, pemasangan lampu penerang di hutan kota tersebut sudah direncanakan dan diusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Kota Mataram.

Apalagi melihat perkembangan di kawasan itu, pada waktu malam cukup ramai sehingga keberadaan lampu penerang menjadi bagian yang harus dipenuhi agar areal RTH bisa dimanfaatkan warga lebih optimal untuk berbagai kegiatan positif.

"Misalnya dengan olahraga malam. Sejak 'jogging track' kita selesai tata di bagian selatan, ternyata banyak peminat dan kawasan itu selalu ramai," katanya.

Terkait dengan itu, lanjutnya, selain akan memasang lampu penerang, pihaknya juga telah menyiapkan konsep untuk melakukan revitalisasi terhadap lintasan lari (jogging track) di bagian utara.

Dengan menyambung konsep penataan "jogging track" bagian selatan ke bagian utara, agar terlihat seimbang.

"Kondisi jogging track yang lama di bagian utara, sudah banyak yang rusak jadi perlu kita perbaharui agar masyarakat lebih nyaman dan aman," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi sebelumnya mengatakan, usulan pemasangan lampu penerang di RTH Udayana terutama bagian barat itu untuk menjawab masukan masyarakat atau pengunjung yang mengeluhkan areal tersebut gelap gulita pada malam hari.

Kondisi itu tentu mengundang berbagai potensi kegiatan negatif yang tidak diinginkan, apalagi kawasan itu berada di tengah kota dan menjadi pusat keramaian warga.

"Masalah tidak ada penerangan ini, memang sudah sering kami dapat keluhan dari warga. Harapan kita, lampu penerang bisa segera dipasang," katanya.