PLN pulihkan listrik pascabanjir di Dompu

id Banjir Dompu

PLN pulihkan listrik pascabanjir di Dompu

Petugas PLN memeriksa kondisi kWh milik salah satu warga yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Dompu, NTB. (Foto Antaranews NTB/ist) (1)

Pascabanjir, kami langsung menerjunkan personel ke lokasi, kami bisa memperbaiki beberapa wilayah sehingga listrik menyala, namun sebagian masih kami kerjakan
Mataram (Antaranews NTB) - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara melakukan pemulihan listrik yang sempat padam akibat kerusakan infrastruktur jaringan yang diterjang banjir bandang di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Senin (5/3).

"Pascabanjir, kami langsung menerjunkan personel ke lokasi, kami bisa memperbaiki beberapa wilayah sehingga listrik menyala, namun sebagian masih kami kerjakan dan akan dipastikan dulu keamanannya," kata Manajer Sumber Daya Manusia dan Umum PLN Wilayah NTB, Deddy Hidayat, di Mataram, Selasa.

Dari hasil pengecekan lapangan, kata dia, terdapat enam gardu listrik yang terendam. Terendamnya gardu listrik tersebut menyebabkan 988 pelanggan mengalami pemadaman listrik.

Tingginya banjir juga menyebabkan alat pengukur dan pembatas (APP) atau kWh meter sekitar 400 pelanggan terendam banjir, sehingga perlu dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Lebih lanjut, Deddy menambahkan untuk memperbaiki kelistrikan di lokasi terdampak banjir, sebanyak 50 petugas diterjunkan ke lokasi.

Hingga Selasa (6/3) pagi, total tiga gardu sudah berhasil diperbaiki dan listriknya telah menyala. Sementara, tiga gardu masih dalam proses perbaikan.?

"Kami usahakan secepatnya perbaikan ini dilakukan, tapi kami akan utamakan keamanan, jadi akan kami pastikan dulu jaringan siap dan tidak ada wilayah yang masih terendam banjir," ujarnya.

Kepada pelanggan, Deddy juga meminta untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi listrik rumah dalam keadaan kering dan tak ada air yang masih menempel.

Hal itu perlu dipastikan demi keamanan dan keselamatan pelanggan.

"Setelah surut, jangan langsung nyalakan listriknya, cek terlebih dahulu peralatan elektronik, kabel dan colokan listriknya tidak basah, pastikan semua aman," ucapnya.

Ia menambahkan jika membutuhkan layanan PLN, pelanggan dapat menghubungi "contar-center" PLN melalui telepon di (kode area) 123, aplikasi android dan ios PLN mobile, website www.pln.co.id,? Facebook PLN 123, dan Twitter @pln_123. (*)