Pemprov NTB Kekurangan 5.554 Pegawai

id pemprov,ntb,pegawai,kekurangan

Pemprov NTB Kekurangan 5.554 Pegawai

Kepala Biro Organisasi Setda NTB Yusron Hadi (tengah). (Foto Antaranews/Iman).

Makanya dari akumulasi kebutuhan pegawai ini, kita mengusulkan penerimaan ASN tahun 2018 ke Kemenpan RB sekitar bulan Januari 2018
Mataram (Antaranews NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat hingga saat ini masih mengalami kekurangan tenaga aparatur sipil negara sebanyak 5.554 orang pegawai.

Kepala Biro Organisasi Setda Pemerintah Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Jumat, mengatakan berdasarkan kebutuhan pegawai dari Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja (ANJAB ABK) di seluruh perangkat daerah lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB jumlah kebutuhan pegawai di luar guru mencapai 2.033 orang.

"Tapi kalau dihitung dengan guru total kebutuhan pegawai ada sekitar 5.554 orang," ujarnya.

Ia menyebutkan, dari jumlah pegawai yang dibutuhkan oleh Pemprov NTB sebanyak 2.033 orang tersebut, jika dirincikan kebutuhannya untuk tenaga fungsional sebanyak 1.499 orang, seperti tenaga kesehatan, dokter, analis, dan teknis lainnya diluar tenaga guru. Kemudian, jabatan fungsional lainnya ada sebanyak 534 orang.?

"Sebelum SAMA/SMK di alihkan kewenangannya ke provinsi total pegawai kita itu ada 7 ribu lebih. Di tambah guru ada sekitar 15 ribu lebih. Tapi itu pun masih kurang," terangnya.

Menurut mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov NTB ini, ANJAB ABK merupakan suatu dokumen yang memberikan gambaran atau informasi seberapa besar kebutuhan terhadap pegawai di lingkungan Pemprov NTB. Sehingga, inilah yang dijadikan dasar sebagai bahan untuk melengkapi usulan formasi kebutuhan pegawai kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Makanya dari akumulasi kebutuhan pegawai ini, kita mengusulkan penerimaan ASN tahun 2018 ke Kemenpan RB sekitar bulan Januari 2018," tandasnya. (*)