Festival Tambora libatkan lima kabupaten di Sumbawa

id festival tambora 2018,dispar ntb,pulau sumbawa,pemprov ntb,Dompu

Logo festival Tambora 2018 (ist)

Persiapan dan pemantapan dengan lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa sudah dilakukan, termasuk dukungan yang diberikan untuk menyukseskan Festival Pesona Tambora 2018
Mataram  (Antaranews NTB) - Lima kabupaten di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ikut dilibatkan dalam menyemarakkan penyelenggaraan Festival Pesona Tambora 2018.

"Persiapan dan pemantapan dengan lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa sudah dilakukan, termasuk dukungan yang diberikan untuk menyukseskan Festival Pesona Tambora 2018," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Selasa.

Ia menuturkan, sebelum menuju acara puncak pada 11 April 2018 di Doro Canga, Kabupaten Dompu, sejumlah kegiatan akan dilaksanakan di lima kabupaten/kota tersebut, di antaranya di Kota Bima dilaksanakan Festival Lawata. Di kabupaten Bima akan dilaksanakan Teka Tambora atau naik Gunung Tambora.

Selanjutnya, di Kabupaten Dompu sebagai lokasi utama acara Festival Pesona Tambora akan dilaksanakan 12 kegiatan, antara lain pengembangan ekonomi kreatif, penghijauan hutan kawasan Gunung Tambora, termasuk "adventure" dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kemudian, di Kabupaten Sumbawa akan ada kegiatan diskusi budaya di Istana Dalam Loka, sekaligus pengukuhan organisasi kepariwisataan di kabupaten itu.

"Untuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ada Festival Tano dan Tambora Challenge 320 kilometer. Kegiatan ini akan di lepas dari Poto Tano, kemudian melintasi wilayah Kabupaten Sumbawa, hingga finish di Doro Ncanga di Kabupaten Dompu," katanya.

Menurut dia, saat ini seluruh rangkaian kegiatan tersebut yang akan dimulai 1 April hingga acara puncak 11 April 2018 sudah siap.

"Boleh dikatakan sudah sampai 75 persen persiapannya," ujar Faozal.

Diharapkan, melalui kegiatan ini ditargetkan 1.000-1.500 wisatawan mancanegara akan hadir meramaikan Festival Pesona Tambora 2018. Termasuk, ribuan wisatawan nusantara maupun lokal NTB. "Kita berharap jumlahnya terus meningkat," kata Faozal.

Di NTB ada empat kegiatan yang masuk kalender tetap pariwisata di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), yakni Festival Bau Nyale, Festival Tambora, Festival Budaya Lombok - Sumbawa dan Festival Moyo.

Pelaksanaan Festival Tambora 2018 masuk tahun keempat, setelah dilaksanakan pertama kali tahun 2015 bertepatan dengan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora pada 1815. Kegiatan pertama dihadiri Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Jokowi.(*)









 
Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar