BNI-Unversitas Mercu Buana kolaborasi perkuat keuangan kampus

id ekosistem keuangan kampus,inklusi keuangan,pembayaran UKT,Bni

BNI-Unversitas Mercu Buana kolaborasi perkuat keuangan kampus

Ketua Yayasan Menara Bhakti Nurani Pujiastuti (kiri) dan Pemimpin Divisi Institutional Banking 2 BNI Efrizal (kanan) menandatangani perjanjian kerjasama peningkatan ekosistem keuangan kampus Universitas Mercu Buana di Gedung Grha BNI, Jakarta, Selasa (13/8/2024). ANTARA/HO-BNI.

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) berupaya untuk terus mengembangkan ekosistem keuangan kampus yang lengkap dan modern, melalui kerja sama dengan Yayasan Menara Bhakti yang terafiliasi dengan Universitas Mercu Buana (UMB).

“BNI ingin memberikan kemudahan bagi mahasiswa, dosen, pegawai, alumni, hingga vendor di lingkungan kampus UMB dalam mengakses berbagai layanan perbankan yang mereka butuhkan,” ujar Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo, di Jakarta, Selasa.

Ia menuturkan bahwa berbagai jasa keuangan tersedia melalui kerja sama tersebut bagi seluruh anggota kampus UMB, seperti layanan produk konsumer, fasilitas kredit konsumer, dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Pihaknya pun berharap upaya tersebut dapat memberikan solusi transaksional keuangan bagi pihak universitas serta solusi pembayaran pendidikan bagi mahasiswa dalam ekosistem kampus.

Tidak hanya memberikan kemudahan bertransaksi, Okki mengatakan bahwa kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan civitas akademika UMB.

“Kami berharap kerja sama ini dapat menciptakan lingkungan kampus yang tidak hanya inklusif, tetapi juga mendorong tumbuhnya generasi muda yang cerdas secara finansial,” ujarnya.

BNI dan Universitas Mercu Buana telah bekerja sama dalam berbagai hal, seperti penggunaan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) jenis Combo 3, pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa melalui Virtual Account (VA) dan Student Payment Centre (SPC), serta cash management system.

Kedua pihak juga sudah menjalin kolaborasi dalam penggunaan VA Debit, pengelolaan tunjangan kerja pegawai, pinjaman konsumer untuk pegawai, kartu kredit affinity, serta penggunaan mesin Electronic Data Capture (EDC) dan QRIS.

Baca juga: QRIS bakal bisa dipakai belanja di Korea hingga India
Baca juga: BI NTB kampanyekan transaksi nontunai lewat QRIS Jelajah Indonesia

“Dengan semakin eratnya kerja sama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak, baik bagi BNI dalam memperluas jaringan nasabah maupun bagi Universitas Mercu Buana dalam meningkatkan kualitas layanan kepada civitas akademikanya,” kata Okki lagi.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan oleh Ketua Yayasan Menara Bhakti Nurani Pujiastuti dan Pemimpin Divisi Institutional Banking 2 BNI Efrizal di Gedung Grha BNI, Jakarta, Selasa.