Pj Gubernur NTB sebut pentingnya jaminan sosial tenaga kerja

id NTB,Pj Gubernur NTB Hassanudin,BPJS Ketenagakerjaan NTB,Pemprov NTB

Pj Gubernur NTB sebut pentingnya jaminan sosial tenaga kerja

Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hassanudin menerima silaturahmi Kepala BPJS Ketenagakerjaan NTB, Bobby Foriawan di Mataram, Senin (2/9/2024). (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Hassanudin menekankan pentingnya jaminan sosial bagi tenaga kerja di provinsi itu.

"Jaminan sosial bagi tenaga kerja merupakan hal yang sangat penting, terutama dalam memberikan rasa aman dan perlindungan bagi pekerja di NTB," katanya saat menerima silaturahmi Kepala BPJS Ketenagakerjaan NTB Bobby Foriawan di Mataram, Senin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, kata Hassanudin, memiliki komitmen dalam mendukung Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

"BPJS ketenagakerjaan ke depan terus menghadirkan inovasi dan ide-ide kreatif untuk mencapai kesejahteraan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat tidak hanya di kota dan kabupaten, namun semua bisa terlindungi," ucapnya.

Silaturahmi BPJS Ketenagakerjaan NTB dengan Pj Gubernur NTB ini membahas tentang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) yang diberikan kepada pemerintah daerah, perusahaan, dan pelaku usaha, yang berkomitmen dalam memberikan perlindungan jamsostek.

Pj Gubernur Hassanudin juga menegaskan  Pemprov NTB akan berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kriteria Paritrana Award dan menjadikan program jamsostek sebagai prioritas dalam pembangunan daerah.

"Paritrana Award bukan hanya sekadar penghargaan, tetapi juga refleksi dari komitmen kita bersama dalam meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi seluruh pekerja di NTB," katanya.

Ia mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan atas upayanya dalam mengedukasi masyarakat dan pemerintah daerah mengenai pentingnya jamsostek dan berharap kerja sama kedanya dapat terus ditingkatkan, terutama dalam menjangkau lebih banyak pekerja di sektor informal.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTB Bobby Foriawan mengatakan tujuan dan pentingnya Paritrana Award sebagai bentuk apresiasi atas upaya pemerintah daerah dalam mendorong partisipasi pekerja, baik formal maupun informal, untuk mendapatkan jamsostek. Pihaknya juga menjelaskan kriteria penilaian dan proses seleksi yang transparan dalam penghargaan tersebut.

"Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) tidak hanya provinsi, dari sisi perusahaan pun ada, dari Bank NTB Syariah, dan dari Kabupaten Lombok Tengah.Artinya tiga ini yang akan kita bawa ke nasional pada saat acara penyerahan, NTB mendapat juara tingkat nasional dan akan diserahkan langsung oleh Pak Wapres," ujarnya.

Baca juga: Disnaker data lowongan kerja bagi disabilitas di Mataram
Baca juga: Disnaker Mataram ajak warga manfaatkan kegiatan bursa kerja


Bobby menegaskan ke depan BPJS dengan Disnakertrans NTB akan terus berkoordinasi untuk memberikan perlindungan jaminan sosial yang lebih merata dan menyeluruh agar ke depan masyarakat NTB sejahtera baik dari sisi penghidupan hingga jaminan sosialnya.

"Ke depan kami dengan Kepala Disnakertrans koordinasi terkait memberikan perlindungan jaminan sosial lebih merata dan menyeluruh. Intinya kami ingin masyarakat NTB sejahtera dan meningkat dari sisi penghidupan maupun jaminan sosialnya," katanya.