KPU Mataram mulai pengadaan logistik pilkada 2024

id KPU Kota Mataram,logistik,Pilkada Mataram

KPU Mataram mulai pengadaan logistik pilkada 2024

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram Edy Putrawan (kiri) bersama sejumlah komisioner KPU Kota Mataram dalam kegiatan media "gathering" sosialisasi tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram tahun 2024 di Mataram, Selasa (10/9-2024). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mulai melakukan pengadaan logistik untuk pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram Edy Putrawan di Mataram, Selasa, mengatakan, logistik yang sudah mulai diadakan diantaranya kotak suara, tinta, dan kabel ties.

"Untuk kotak suara dan tinta, kami jadwalkan minggu depan sudah kontrak. Sedangkan kabel ties, minggu depan sudah datang," katanya.

Hal itu disampaikan di sela kegiatan media "gathering" sosialisasi tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat serta wali kota dan wakil wali kota Mataram tahun 2024.

Baca juga: KPU Mataram lakukan verifikasi perbaikan dokumen bakal calon pilkada 2024

Sementara untuk pengadaan surat suara, lanjutnya, masih menunggu penetapan pasangan calon, pencabutan nomor urut dan daftar pemilih tetap (dpt) pada tanggal 18-21 September 2024.

Berdasarkan data daftar pemilih sementara (dps) di Kota Mataram tercatat sekitar 315 ribu, dengan jumlah tempat pemungutan suara (tps) sebanyak 580 unit tersebar pada 50 kelurahan se-Kota Mataram, dan satu unit tps khusus di Lembaga Permasyarakatan (LP) Perempuan Mataram.

"Semua logistik pilkada, akan kami simpan di gudang kpu agar menjadi satu kesatuan dengan Kantor KPU Kota Mataram," katanya.

Hal itu dimaksudkan, untuk memudahkan pengawasan, pengamanan, dan mobilisasi juga bisa lebih gampang.

Baca juga: Bawaslu pantau perilaku ASN di Mataram selama tahapan pilkada 2024

Bahkan, lanjutnya, untuk memastikan kapasitas gudang kpu mencukupi untuk penyimpanan logistik pilkada, pihaknya sudah melakukan simulasi penyimpanan logistik.

"Dari simulasi yang kami lakukan, insyaallah, semua logistik bisa terakomodasi di gudang kami," katanya.

Menyinggung tentang pendistribusian logistik, Edy mengatakan, pendistribusian akan dilakukan pada H-1 pencoblosan sama seperti saat pelaksanaan Pemilu 2024.

Pihaknya optimistis, proses pendistribusian logistik pada H-1 bisa selesai tepat waktu sebab Kota Mataram diuntungkan dengan kondisi geografis wilayah yang relatif datar sehingga tidak ada kendala yang prinsip untuk dikhawatirkan logistik tidak sampai.

"Kondisi wilayah Kota Mataram termasuk bagus, karena tidak ada gunung, bukit, dan lautan, yang harus dilalui untuk pendistribusian logistik," kata Edy.

Baca juga: KPU Kota Mataram sebut dua bapaslon belum memenuhi syarat