Pjs Bupati pastikan Pilkada Lombok Tengah 2024 sesuai tahapan

id Lombok Tengah ,Pilkada 2024,KPU Lombok Tengah ,Pjs Bupati Lombok Tengah

Pjs Bupati pastikan Pilkada Lombok Tengah 2024 sesuai tahapan

Pjs Bupati Lombok Tengah, Provinsi NTB Abdul Aziz (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Abdul Aziz melaksanakan koordinasi dengan Bawaslu dan KPU untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan sesuai tahapan.

"Kunjungan ini untuk memastikan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah 2024 berjalan aman dan penyelenggara bekerja dengan baik," kata Abdul Aziz usai melaksanakan koordinasi dengan KPU Lombok Tengah, Kamis.

Dari hasil koordinasi dengan Bawaslu dan KPU, tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah maupun Gubernur dan Wakil Gubernur NTB telah berjalan.

"Kunjungan ini untuk memperkuat koordinasi, agar Pilkada 2024 berjalan sesuai aturan," katanya.

Baca juga: Logistik Pilkada 2024 di Lombok Tengah mulai berdatangan

Sementara itu,  logistik Pilkada 2024 telah mulai datang secara bertahap dan dipastikan disimpan di gudang dengan aman, sebelum dilaksanakan pendistribusian ke tempat pemungutan suara (TPS) atau masing-masing desa.

"Logistik Pilkada 2024 datang secara bertahap," katanya.

Selain memperkuat koordinasi dengan penyelenggara, pihaknya juga tetap intens melakukan sosialisasi kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap menjaga netralitas dalam Pilkada 2024.

"ASN itu harus tetap bekerja sesuai dengan tugas yang telah diatur dalam Undang-undang," katanya.

Untuk mengetahui terjadi pelanggaran netralitas ASN maupun PPPK di Pilkada 2024, pihaknya telah meminta OPD terkait untuk tetap melaksanakan pengawasan dan pembinaan, sehingga tidak ada pelanggaran yang terjadi di Pilkada Lombok Tengah.

"Pengawasan tetap dilaksanakan, tidak ada tim khusus yang bentuk," katanya.

Baca juga: Bawaslu wajibkan pasangan cabup/cawabub Lombok Tengah urus STTP kampanye

Sementara itu, Ketua KPU Lombok Tengah Hendri Herliawan mengatakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah 2024 berjumlah 777.196 pemilih.

"Rincian DPT Pilkada 2024 yakni pemilih laki-laki 379.853 orang dan pemilih perempuan 397.343 orang yang tersebar di 1.689 TPS pada 154 desa/kelurahan di 12 kecamatan," katanya.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka pengundian nomor urut, ditetapkan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di antaranya nomor urut (1) pasangan calon Ruslan Turmuzi dan Lalu Normal Suzana,
nomor urut (2) pasangan calon Lalu Pathul Bahri dan HM Nursiah dan nomor urut (3) H Ahmad Puaddi dan Lege Warman.

"KPU telah menetapkan tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Lombok Tengah di Pilkada 2024," katanya.

Baca juga: Cabup petahana Pilkada Lombok Tengah 2024 tetap permudah izin investasi

Sementara itu, KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat menetapkan tiga pasangan calon atau peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024.

"Berdasarkan seluruh hasil pemeriksaan, penelitian, dan hasil dokumen baik syarat pencalonan dan syarat calon ketiga pasangan kami tetapkan peserta Pilkada 2024," kata Ketua KPU Provinsi NTB Muhammad Khuwailid.

Nama tiga pasangan calon berikut partai pengusungnya yakni pasangan nomor urut (1) Sitti Rohmi Djalilah-W. Musyafirin (PKB, Perindo, PDI Perjuangan, dan Partai Ummat), pasangan nomor urut (2) Zulkieflimansyah-Moh Suhaili F.T. (Partai NasDem, PKS, dan Demokrat).

Kemudian pasangan nomor urut (3) Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri (PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI).

Baca juga: KPU ingatkan paslon pilkada Lombok Tengah tak pasang APK di pohon