Desa Malaka tingkatkan status berkembang menjadi maju

id Desa Malaka

Desa Malaka tingkatkan status berkembang menjadi maju

Kantor Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Mataram (Antaranews NTB) - Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, berupaya meningkatkan status desa dari berkembang menjadi maju.

Saat ini, kami sedang berupaya mendesain ide untuk meningkatkan status desa dari berkembang menjadi maju, kata Ikhwan, Kepala Desa Malaka, Rabu.

Desa malaka yang awalnya masih berstatus tertinggal pada 2016, saat ini naik menjadi berkembang.

Ikhwan menambahkan indikator keberhasilan suatu desa menjadi berkembang dan maju adalah pada tingkat ekonomi, pendidikan, layanan kesehatan, dan infrastruktur.

Setiap tahun dana yang masuk ke Desa Malaka dari tiga sumber, dana desa, Anggaran Dana Daerah (ADD Provinsi), dan Zakat Daerah (Kabupaten), dan pada 2018, dana yang masuk dari tiga sumber ini adalah Rp3,7 miliar, katanya.

Ia menambahkan, dari dana tersebut, 30 persen digunakan untuk pemberdayaan seperti pendidikan dan kesehatan, sedangkan 70 persen digunakan untuk infrastruktur yaitu pembukaan dan pengerasan jalan, pembangunan jembatan, dan  fasilitas kesehatan seperti pembangunan posyandu dan polindes.

Adapun dari segi pembangunan ekonomi, saat ini sedang dibangun Bumdes atau Badan Usaha Milik Desa atau koperasi simpan pinjam berbasis bank syariah agar masyarakat bisa memanfaatkan untuk usaha dagang mereka, ungkap Ikhwan.