190 pelajar Mataram mengikuti lomba tadarus

id tadarus,pelajar,mataram,ramadhan 1440 H,jelang ramadhan,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ramadhan

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh (pidato berdiri) membuka lomba tadarus pelajar tingkat Kota Mataram untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah. (Foto: ANTARA News/humas Mataram)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak 190 pelajar di kota itu mengikuti lomba tadarus Al-Quran tingkat pelajar SD dan SMP dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan 1440 Hijriah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali di Mataram, Selasa, mengatakan, sebanyak 190 orang siswa tersebut merupakan perwakilan dari puluhan SD dan SMP se-Kota Mataram.

"Dalam lomba tadarus ini, mereka terbagi menjadi 12 kelompok untuk SD dan 28 kelompok untuk SMP," katanya.

Kegiatan lomba tadarus tingkat pelajar tersebut sudah dimulai pada Minggu malam (12/5) di Musala Siti Aisyah Sekretariat Daerah Kota Mataram, yang dibuka langsung oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh serta dihadiri sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Mataram.

"Lomba tadarus ini akan berlangsung selama 10 hari hingga tanggal 21 Mei 2019," ujarnya.

Dikatakan, lomba tadarus Al Quran bertujuan meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membaca Al Quran dengan tajwid dan tartil.

Kegiatan itu diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dalam memahami makna Al Quran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan serta meningkatkan iman dan taqwa generasi muda agar memiliki akhlaqul karimah.

"Kegiatan ini sekaligus untuk mencari bibit qori qoriah dari kalangan pelajar," katanya.

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dalam pembukaan lomba tadarus Al Quran tingkat pelajar tahun 2019, mengatakan, lomba tadarus Al-Quran tingkat pelajar menjadi kegiatan rutin setiap tahun di bulan Ramadhan.

"Dengan harapan melalui penyelenggaraan acara ini bisa menambah suasana yang khidmat dan khusyuk dalam beribadah," ujarnya.

Di sisi lain, wali kota juga mengingatkan masyarakat dan keluarga besar ASN Kota Mataram untuk meningkatkan intensitas ibadah sesuai ajaran Rasulullah SAW, salah satunya dengan menambah amalan di bulan suci Ramadhn.

"Momentum bulan Ramadan hendaknya kita manfaatkan untuk menambah amaliah-amaliah di luar ibadah fardu, seperti ajaran Rasulullah SAW," katanya. 



 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar