KontraS desak polisi melakukan kekerasan diproses hukum

id Kontras, yati andriani, demo mahasiswa, ruu kuhp, revisi uu kpk,aksi,mahasiswa,Anies Baswedan,Joko Widodo,Rocky Gerung,Trisakti

KontraS desak polisi melakukan kekerasan diproses hukum

Koordinator KontraS Yati Andriyani (kanan) dalam suatu kegiatan di Jakarta, Senin (23/9/2019). ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

"Polisi yang terbukti melakukan kekerasan harus dihukum,"
Jakarta (ANTARA) - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mendesak agar personel kepolisian yang melakukan kekerasan dan menggunakan kekuatan secara berlebihan dalam pengamanan unjuk rasa mahasiswa pada Selasa (24/9) diproses hukum.

"KontraS terus memantau ini. Polisi yang terbukti melakukan kekerasan harus dihukum," ujar Koordinator KontraS Yati Andriyani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sembilan polisi tersangka penganiaya Zainal Abidin hingga meninggal resmi ditahan

Yati menuturkan cara-cara lama penanganan demonstrasi yang arogan dan penuh kekerasan terhadap mahasiswa harus dihentikan karena justru mengundang kemarahan mahasiswa dan masyarakat.

Selain itu, KontraS meminta jajaran polisi membebaskan mahasiswa yang ditangkap saat melakukan unjuk rasa di depan gedung perwakilan rakyat menolak revisi UU KPK dan pengesahan sejumlah RUU.

Kepolisian pun diingatkan tidak menghalangi akses bantuan hukum kepada mahasiswa yang ditahan.

"Hari ini KontraS akan membuka posko pengaduan bersama dengan jaringan masyarakat sipil lainnya," kata Yati.

Baca juga: Polisi mengamankan 68 orang pascaaksi di DPRD Jabar

Ada pun Polda Metro Jaya mencatat terdapat 265 mahasiswa terdampak bentrokan yang terjadi di depan Gedung DPR/MPR, Selasa (24/9), yang kemudian meluas ke beberapa titik. Dari jumlah itu, 254 mahasiswa dirawat jalan dan 11 yang dirawat inap.

Sementara Polda Jawa Barat sempat menahan 68 orang dalam unjuk rasa di depan Gedung DPRD, 64 orang di antaranya sudah dipulangkan setelah menjalani proses pemeriksaan dengan dicatat identitasnya. Sedangkan empat orang lainnya ditahan karena terindikasi menggunakan narkotika.

Baca juga: Polisi menyelidiki personel pukuli mahasiswa di Medan