Mendag Amerika Serikat Wilbur Ross akan mengunjungi Indonesia

id Menteri Perdagangan AS,Wilbur Ross,Forum Bisnis Indo Pasifik

Mendag Amerika Serikat Wilbur Ross akan mengunjungi Indonesia

FOTO FILE: Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross berbicara selama Forum Kepemimpinan Amerika Latin ke-17 di Brasilia, Brazil, 1 Agustus 2019. REUTERS/Adriano Machado

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Amerika Serikat Wilbur Ross dijadwalkan untuk mengunjungi Indonesia pada awal November mendatang guna mendukung tujuan Presiden AS Donald Trump untuk mempercepat kegiatan perdagangan AS di kawasan Indo-Pasifik.

Wilbur Ross dijadwalkan memimpin delegasi bisnis AS dalam Forum Bisnis Indo-Pasifik di Bangkok, Thailand dan kemudian mengunjungi Indonesia dan Vietnam pada 3-8 November 2019.

Dalam keterangan tertulis dari Kedutaan Besar AS yang diterima Jakarta, Selasa, kunjungan tersebut juga menegaskan keinginan Amerika Serikat untuk mendorong peluang ekspor bagi perusahaan AS yang tak hanya menguntungkan bagi para pelaku bisnis, namun juga dapat menciptakan lapangan kerja, serta memenuhi kebutuhan kawasan untuk pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

“Misi ini menunjukkan komitmen Amerika Serikat untuk kemitraan ekonomi berkelanjutan di Thailand, Indonesia dan Vietnam,” demikian dikatakan dalam keterangan tersebut.

Misi dagang Amerika Serikat yang dipimpin Mendag Ross itu berupaya menjembatani pengembangan bisnis perusahaan AS di wilayah Indo-Pasifik, melalui beberapa langkah, salah satunya dengan cara membantu mengidentifikasi mitra potensial dan strategi bagi perusahaan AS untuk mendapatkan akses pasar.

Langkah lainnya adalah membantu memastikan proses pengadaan yang adil, terbuka dan transparan, memperkuat dukungan pemerintah AS untuk kegiatan bisnis AS di setiap pasar, dan mendengarkan kebutuhan, saran, dan pengalaman masing-masing peserta untuk membantu menentukan posisi pemerintah AS yang tepat untuk kepentingan bisnis AS di kawasan.

Misi tersebut juga akan menggelar serangkaian acara pertemuan yang terfokus pada pemimpin usaha dan asosiasi lokal sebagai calon mitra dan klien perusahaan AS, serta membantu mengembangkan strategi kompetitif dan akses pasar.

Susunan delegasi yang dipimpin oleh Wilbur Ross terdiri atas para pimpinan perusahaan dari 12 hingga 25 perusahaan AS, yang mewakili beberapa sektor yang ditargetkan, yakni energi, infrasktruktur dan digital.