Lyon bangkit mengatasi tuan rumah Bordeaux

id lyon,bordeaux,liga prancis,moussa dembele,maxwell cornet,jimmy briand

Lyon bangkit mengatasi tuan rumah Bordeaux

Pemain Lyon merayakan gol yang dicetak Moussa Dembele ke gawang Bordeaux pada laga pekan ke-20 Liga Prancis di Stadion Matmut Atlantique, Prancis, Sabtu (11/1/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/PANORAMIC/Christophe Saidi).

Jakarta (ANTARA) - Olimpique Lyonnais bangkit dari ketertinggalan untuk mengatasi tuan rumah Bordeaux dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-20 Liga Prancis di Stadion Matmut Atlantique, Prancis, Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Lyon sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Jimmy Briand pada babak pertama memaksimalkan kesalahan umpan Joachim Anders. Tetapi akhirnya meraih kemenangan berkat gol Maxwel Cornet dan Moussa Dembele pada paruh kedua, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Dengan raihan tiga poin ini membuat Lyon (29) naik lima peringkat ke posisi lima klasemen, sementara Bordeaux (26) berada di posisi 13. Namun posisi Lyon bisa kembali tergeser mengingat rival lainnya baru memainkan laga lebih larut.

Jalannya laga, Lyon berusaha untuk menekan sejak awal laga. Tercatat tiga peluang berhasil diciptakan lewat dua aksi Hossem Aouar dan Thiago Mendez dalam tujuh menit awal.

Sementara Bordeaux bermain tak tergesa-gesa dan lebih banyak memainkan bola di tengah untuk mencari celah melakukan serangan. Kesabaran mereka dibayar lunas untuk unggul lebih dulu pada menit ke-15.

Berawal dari kesalahan bek Lyon, Joachim Andersen, yang berniat memberikan umpan ke kiper Anthony Lopez. Ia tak melihat Jimmy Briand yang sudah siap menyambar bola. Bordeaux unggul 1-0.

Usai gol itu, Lyon semakin berambisi mengejar ketertinggalan. Dua sepakan yang dilepaskan Dembele dan Maxence Caqueret melambung tak tentu arah.

Sepanjang babak pertama Lyon mendominasi pertandingan dengan mencatatkan 11 kali percobaan tendangan berbanding dua untuk tuan rumah. Namun karena buruknya penyelesaian akhir membuat seluruh peluang terbuang percuma.

Dominasi Lyon pada babak pertama terus berlanjut hingga di paruh kedua. Dalam tempo delapan menit, pasukan Rudi Garcia mampu membalikan kedudukan menjadi 2-1.

Gol penyama kedudukan dicetak Maxwell Cornet pada menit ke-50. Sepakan keras mendatarnya di luar kotak penalti mengenai kaki bek tuan rumah dan bola berubah arah untuk membuat kiper Bordeaux, Benoit Costile, mati langkah.

Tiga menit berselang, penyerang yang kini diincar sejumlah klub Liga Inggris, Moussa Dembele, membalikan kedudukan menjadi 2-1, lewat skema serangan balik cepat. Ia yang menerima umpan dari Cornet langsung melepaskan sepakan keras dan tak bisa diselamatkan Benoit Costile.

Tertinggal 2-1 tak membuat Bordeaux lepas dari tekanan. Lyon terus mengurung pertahanan Laurent Koscielny dkk. Moussa Dembele hampir membuat Lyon menjauh pada menit ke-75, sayang sepakannya membentur mistar gawang.

Tujuh menit jelang waktu normal berakhir, Koscielny, sempat membuat kedudukan kembali imbang, namun setelah wasit berkonsultasi dengan VAR, bekas pemain Arsenal itu telah terjebak offside.

Hingga peluit pajang tanda pertandingan berakhir, skor 2-1. Kemenangan ini menjadi penanda kembalinya Lyon ke posisi lima besar setelah pada putaran pertama terseok-seok di papan tengah.

Berikut susunan pemain:

Bordeaux (3-4-2-1): Benoit Costil; Mexer, Laurent Koscielny, Pablo; Otavio Henrique, Toma Basic, Aurelien Tchouameni (Rémi Oudin), Loris Benito; Youssouf Sabaly (Kalu), Nicholas de Preville (Hwang Ui-Jo); Jimmy Briand.
Pelatih: Paulo Sousa

Lyon (4-2-3-1): Anthony Lopez; Joachim Andersen, Marcelo, Fernando Marcal, Rafael; Mendes, Maxence Caqueret (Lucas Tousart); Houssem Aouar (Jason Denayer), Traore (Martin Terrier), Maxwel Cornet; Moussa Dembele.
Lyon: Rudi Garcia
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar