Birmingham dan Reading ke-16 besar Piala FA via adu penalti

id Piala FA,Birmingham City,Reading,Newcastle United

Birmingham dan Reading ke-16 besar Piala FA via adu penalti

Pemain Newcastle United Allan Saint-Maximin menjadi penentu kelolosan timnya ke 16 besar Piala FA berkat gol krusialnya saat menghadapi tuan rumah Oxford United dalam pertandingan ulang di Kassam Stadium, Oxford, Inggris, 4 Februari 2020. (REUTERS/DAVID KLEIN)

Jakarta (ANTARA) - Birmingham City dan Reading lolos ke-16 besar Piala FA setelah menaklukkan lawan-lawannya dengan adu penalti pada pertandingan ulang mereka Rabu pagi WIB. Kedua tim sama-sama menang 4-1 dalam adu penalti setelah sampai 120 menit imbang dengan lawan-lawannya.

Newcastle United juga dipaksa bermain sampai 2x15 menit babak tambahan oleh Oxford United namun tidak sampai adu penalti, sebelum lolos ke-16 besar Piala FA menyusul Liverpool dan Derby County yang juga menggelar pertandingan ulangan pada hari yang sama.

Tuan rumah Birmingham dipaksa Coventry City 1-1 sampai 90 menit waktu normal, setelah gol Amadou Bakayoko pada menit ke-50 disamakan oleh Harlee Dean pada menit 90+2.

Kedua tim sama-sama mencetak satu gol lagi pada 2x15 menit tambahan, ketika Maxime Biamou mencetak gol untuk Birmingham pada menit 114 namun disamakan oleh Jeremie Bela pada menit ke-120.

Pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti, dan empat penendang Birmingham sukses melakukan tugasnya, sebaliknya hanya satu penendang Coventry yang memasukkan bola ke gawang Birmingham.

Sebaliknya tuan rumah Cardiff City menyerah 1-4 dalam adu penalti melawan Reading setelah sampai 120 menit bertanding tetap seri 3-3.

Josh Murphy pada menit ke-19 dan Robert Glatzel pada menit ke-54 membawa Cardiff memimpin 2-0 sampai menit ke-69 ketika Omar Richards mempersembahkan gol pertama Reading dalam laga ini.

Andy Rinomhota kemudian memaksa pertandingan dilanjutkan ke 2x15 menit babak tambahan berkat golnya pada menit ke-79 yang membuat kedudukan 2-2.

Pada 2x15 babak tambahan, kedua tim sama-sama menciptakan satu gol lagi. Murphy kembali menciptakan gol pada menit ke-93, tapi empat menit sebelum babak tambahan selesai Yakou Meite memaksa laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Reading melenggang ke-16 besar setelah empat penendangnya sukses menjadi algojo, sebaliknya Cardiff yang sempat dua kali unggul dalam laga ini hanya berhasil pada satu tendangan penalti.

Newcastle juga lolos ke-16 besar setelah menang 3-2 sampai 2x15 menit babak tambahan.

Sean Longstaff dan Joelinton sudah membawa Newcastle unggul 2-0 sejak menit ke-30 babak pertama. Namun dua gol menit-menit terakhir dalam kurun 10 menit membuat pertandingan ini dilanjutkan ke babak tambahan setelah Liam Kelly pada menit 84 dan Nathan Holland pada menit 90+4 membuat kedudukan imbang 2-2.

Allan Saint-Maximin akhirnya mengembalikan hak Newcastle untuk lolos ke 16 besar kompetisi ini setelah menciptakan gol penting pada menit ke-116.