Ketua MK Minati Toko Alfamart

id Alfamart,Ketua MK,Toko Amahami,Kota Bima

Ketua MK Minati Toko Alfamart

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Dr Anwar Usman SH MH, bersama manajemen Alfamart meresmikan toko Alfamart di Amahami di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (25/4/2021). Foto Alfamart

Mataram (ANTARA) - Alfamart meresmikan toko keempatnya yakni Toko Amahami di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Minggu (25/4). 

Toko Amahami tersebut merupakan toko franchise milik Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Dr Anwar Usman SH MH, sekaligus merupakan toko franchise ke-2 di Kota Bima, setelah Toko Soekarno Hatta. 

Branch Manager Alfamart Lombok, Sulardi mengatakan, skema kepemilikan Alfamart secara nasional sedikitnya 20 persen adalah toko franchise atau waralaba dan sisanya yang 80 persen adalah toko reguler yakni toko yang kita kelola sendiri. 

"Klo di Alfamart Cabang Lombok, dari 361 toko, yang franchise ada 24 toko atau 7 persennya. Tahun ini targetnya ada penambahan lagi sekitar 10 toko franchise," katanya di sela Grand Opening Alfamart Amahami, didampingi Wali Kota Bima H M Luthfi.

Secara regulasi dari Kementerian Perdagangan, lanjut dia, tidak ada batas minimum kepemilikan waralaba. "Jadi, tidak kita batasi. Selama masyarakat masih ada permintaan atau tertarik memiliki Toko Alfamart maka kami siap melayani," ujarnya. 

Namun, kata Sulardi, meskipun konsepnya waralaba, untuk standar pelayanan, layout toko, promo, sinergi UMKM, hingga rekrutmen tenaga kerja mengikuti standar yang ditetapkan Alfamart. 

"Misalnya saja, kita ada komitmen bersinergi dengan pelaku UMKM Kota Bima. Meskipun toko franchise, tetap menjual produk UMKM," ucapnya pula.

Hal itu sesuai dengan visi perusahaan yakni berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil 

Menurut Sulardi, sejumlah item produk UMKM yang dihadirkan antara lain hasil olahan laut berupa abon, dan varian serbuk minuman siap saji. 

"Fokus produknya adalah makanan dan minuman, untuk kerajinan tangan seperti tenun dan lain-lain belum bisa karena terkendala space," katanya.