IPB ingatkan pentingnya modernisasi produksi unggas

id Bogor, IPB, unggas, Ayam, daging ayam, telur

IPB ingatkan pentingnya modernisasi produksi unggas

Pedagang unggas melayani pembeli di Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.

Kota Bogor (ANTARA) -
Guru Besar Ilmu Ekonomi Pembangunan IPB Prof Arief Darjanto mengingatkan pentingnya melakukan modernisasi dan industrialisasi mata rantai produksi ayam pedaging dan petelur  seiring tingginya  permintaan pasar setelah dua tahun Pandemi COVID-19.
 
"Sektor protein hewani perlu melakukan modernisasi dan industrialisasi agar dapat berproduksi dengan lebih efisien, efektif, dan berdaya saing," kata Arief di Kota Bogor, Minggu.
 
Prof Arief berpandangan, dunia pascapandemi akan penuh dengan tantangan, tetapi bisa dilihat sebagai peluang untuk perbaikan berkelanjutan dan peningkatan efisiensi sehingga industri perunggasan dapat terus menempatkan aspek kesehatan, harga makanan yang lebih terjangkau dan berkelanjutan.

Baca juga: Mahasiswi IPB positif Covid-19 kos di Bogor
  
Koordinasi vertikal dilakukan untuk mendapatkan nilai tambah di seluruh rantai pasokan untuk meningkatkan stabilitas marjin keuntungan, menerapkan AgTech dan digitalisasi mulai dari kandang sampai meja konsumen di seluruh rantai pasokan.
 
Selanjutnya, penggunaan big data, Internet of Things, robot, sensor, dan drone merupakan teknologi yang sangat maju untuk mentransformasi industri perunggasan. Kemudian meningkatkan keamanan bio dalam rangka mengatasi penyebaran penyakit dan mengurangi tingkat kematian, dan modernisasi dan otomatisasi di seluruh rantai pasokan.

Baca juga: Seminar "greenhouse" dan irigasi presisi digelar di IPB
 
Menurut Arief, modernisasi dan otomatisasi dilakukan dalam meningkatkan efisiensi lahan pertanian dan untuk mengurangi rasio konversi pakan serta mengurangi masa pertumbuhan dan penggemukan.