Presiden Nepal undang dubes RI terkesan dengan Indonesia

id Presiden Nepal Bidhya Devi Bhandari,Dubes RI untuk Nepal,hubungan bilateral Indonesia Nepal

Presiden Nepal undang dubes RI terkesan dengan Indonesia

Duta Besar RI untuk Nepal Heru Hartanto Subolo (kiri) diundang bertemu Presiden Nepal Bidhya Devi Bhandari (tengah) di Kathmandu, Sabtu (11/6/2022). (ANTARA/HO-KBRI Dhaka)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Nepal Bidhya Devi Bhandari mengundang secara khusus Duta Besar RI untuk Nepal Heru Hartanto Subolo, karena ketertarikannya kepada Indonesia dan keberlanjutan hubungan bilateral kedua negara.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 90 menit tersebut, Presiden Bidhya mengatakan amat terkesan dengan peran dan pencapaian Indonesia selama ini dalam menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang di berbagai forum internasional, serta sebagai salah satu negara yang berpotensi besar di wilayah Asia.

“Presiden Bidhya menyampaikan pula bahwa pemerintah Nepal memiliki harapan besar dengan ditunjuknya Dubes Heru sebagai Dubes RI untuk Nepal akan membawa angin segar bagi hubungan bilateral kedua negara, bahkan meningkatkan nilai perdagangan menjadi lebih signifikan, mendorong people-to-people contact, dan mampu menjembatani business-to-business ke arah yang lebih baik,” kata KBRI Dhaka dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Kepada Presiden Nepal, Dubes Heru menyampaikan bahwa salah satu misi yang diembannya yaitu meningkatkan keterhubungan masyarakat madani  melalui saling kunjung serta meningkatkan arus wisatawan Nepal ke Indonesia maupun sebaliknya.

Terkait hal ini, Konsul Kehormatan RI di Kathmandu Chandra Prakash Dhakal telah menyampaikan permohonan langsung kepada Indonesia melalui pertemuan itu agar kiranya fasilitas visa on arrivalbagi pemegang paspor regular Nepal dapat segera diberikan oleh Pemerintah Indonesia.

“Dubes Heru berkomitmen untuk menindaklanjuti permohonan tersebut kepada pemerintah pusat, serta berkomitmen untuk terus memperkuat hubungan bilateral yang lebih kuat dan komprehensif di masa datang,” demikian KBRI Dhaka.

Baca juga: Dubes RI katakan tingkatkan hubungan ekonomi Indonesia-Bangladesh

Pertemuan itu berlangsung pada 11 Juni 2022, dua hari setelah Dubes RI menyerahkan surat-surat kepercayaan (Credential Letters) kepada Presiden Nepal.

Kesan baik dari pemerintah Nepal atas kunjungan kerja Dubes RI dalam rangka upacara credentials tersebut diwujudkan dengan munculnya berita mengenai credentials Dubes Heru sebagai judul utama (headlines) di surat kabar nasional utama Nepal yaitu the Rising Nepal, padahal saat itu ada tiga dubes lainnya yang juga menyerahkan letters of credence selain Indonesia yaitu Chile, Jamaika, dan Spanyol.

Presiden Nepal Bidhya Devi Bhandari menyambut Duta Besar RI untuk Nepal Heru Hartanto Subolo dan delegasi Indonesia setelah upacara penyerahan surat-surat kepercayaan di Kathmandu, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/HO-KBRI Dhaka)