JCH Lombok Tengah diminta tetap kompak

id JCH,Lombok Tengah

JCH Lombok Tengah diminta tetap kompak

JCH asal Nusa Tenggara Barat saat naik pesawat di Bandara Internasional Lombok. (ANTARA/Istimewa)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Wakil Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) HM Nursiah berharap kepada jamaah calon haji (JCH) yang berangkat ke tanah suci Mekkah untuk tetap kompak dan menjalin hubungan keluarga dalam melaksanakan ibadah haji.

"Kita imbau para jamaah tetap kompak dan saling bantu ketika ada yang butuh pertolongan," kata HM Nursiah di Praya usai pelepasan JCH di Masjid Agung Praya, Jumat.

Ia juga meminta para JCH untuk tetap menjaga kesehatan, supaya bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna. Selain itu, para JCH harus tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan tetap memakai masker. "Semoga para jamaah yang berangkat selamat dan bisa pulang kembali menjadi haji mabrur," katanya.

Pemerintah daerah telah menyiapkan petugas kesehatan untuk melayani para JCH, sehingga diharapkan para keluarga untuk tidak khawatir atas kondisi para JCH di Tanah Suci Mekkah. "Pemerintah telah siapakah pelayanan, manfaatkan fasilitas yang disiapkan dan jaga kesehatan yang paling utama," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Tengah menyatakan, keberangkatan JCH di daerah setempat dibagi menjadi dua kloter dan diberangkatkan mulai tanggal 24 dan 26 Juni 2022 mendatang.

Baca juga: Telkomsel mengedukasi calon haji NTB cara berkomunikasi dari Arab Saudi
Baca juga: 32.374 jamaah calon haji sudah tiba di Mekkah


Sebelum JCH diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah melalui Bandara Internasional Lombok, mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes PCR bebas COVID-19 sehari sebelum masuk asrama haji di Mataram. Setelah dipastikan sehat dan bebas COVID-19, barulah mereka diberangkatkan melalui Embarkasi Bandara Lombok menuju Embarkasi Jeddah, Arab Saudi.

"Mereka masuk asrama haji tanggal 24 Juni dan diberangkatkan tanggal 25 Juni. Sedangkan untuk JCH yang masuk asrama haji tanggal 26 Juni, diberangkatkan tanggal 27 Juni melalui embarkasi Bandara Lombok," kata Kasi Pengelola Haji dan Umron Kemenag Lombok Tengah L Asy'ari di Praya.

Sementara itu, jumlah JCH asal Lombok Tengah yang diberangkatkan itu termasuk pendamping sebanyak 334 orang. Dimana sebelum ada 9 orang yang telah masuk lis daftarkan keberangkatan haji 2022, namun mereka tidak berangka dengan alasan mau berangkat bersamaan dan ada dua orang yang meninggal dunia. "Total yang berangkat itu 334 orang," katanya.

Untuk diketahui, JCH asal Provinsi NTB akan mulai diberangkatkan menuju Tanah Suci Mekkah pada tanggal 20-27 Juni yang dibagi menjadi enam kloter. Sedangkan total jamaah calon haji yang sudah masuk daftar sesuai kuota sebanyak 2.074 orang di semua kabupaten/kota di NTB.