Disdag Mataram menggelar bazar pasar rakyat dekatkan layanan

id retail,modern,bazar murah

Disdag Mataram menggelar bazar pasar rakyat dekatkan layanan

Ilustrasi: Kamisah seorang warga dari Kelurahan Dasan Agung, Kota Mataram, antusias belanja di bazar pangan murah yang dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram di Lapangan Lanud AURI Kelurahan Rembiga, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (15/9-2022), karena harganya jauh di bawah harga pasar. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram,  Nusa Tenggara Barat, menggelar bazar pasar rakyat di enam kecamatan sebagai upaya mendekatkan layanan agar masyarakat bisa mendapatkan bahan kebutuhan pokok sesuai harga distributor.

"Melalui bazar pasar rakyat ini, kami bisa memotong jalur distribusi untuk menekan harga dan mengendalikan inflasi. Masyarakat bisa mendapatkan barang dengan harga di bawah harga pasar," kata Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Mataram Syamsul Irawan di Mataram, Senin.

Bazar pasar rakyat tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) melalui operasi pasar murah untuk telur yang dijual di bawah harga pasar.

Telur misalnya, di pasar tradisional harganya mencapai Rp57 ribu hingga Rp60 ribu per 30 butir. Sedangkan di pasar rakyat harganya Rp52.000 per 30 butir.

Begitu juga dengan gula pasir, harga di pasar dan ritel modern mencapai Rp14.500 per kilogram, sedangkan di pasar rakyat berkisar Rp12.000 sampai Rp13.000 per kilogram.

Selain itu harga minyak goreng kemasan ada yang Rp12.500 per liter, sedangkan di ritel modern bisa mencapai Rp19.000 sampai Rp20.000 ke atas per liter.

Dikatakan, kegiatan bazar pasar rakyat yang melibatkan puluhan distributor dan ritel modern itu dilaksanakan dienam kecamatan mulai 26 September sampai 2 Oktober 2022.

"Satu kecamatan dilaksanakan satu kali, pada lokasi-lokasi strategis yang mudah dijangkau masyarakat menengah ke bawah," katanya.

Untuk hari ini kegiatan pasar murah dilaksanakan di halaman Kantor Lurah Banjar, selanjutnya di Kelurahan Kekalik Jaya, di Lapangan Karang Genteng Kelurahan Pagutan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Abian Tubuh.

"Untuk hari Jumat (30/9) kami tiadakan karena hari pendek. Lanjut dua hari terakhir, yakni pada Sabtu-Minggu (1-2/10) dilaksanakan di Lapangan Dirgantara LANUD Rembiga," katanya.

Syamsul menambahkan, kegiatan bazar pasar rakyat kali ini sekaligus membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam rangka menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Saat Maulid, minat belanja masyarakat meningkat tapi daya beli berkurang. Jadi kami bantu dengan pengendalian harga, salah satunya melalui pasar rakyat," katanya.