Pemkot Mataram bantu produk UMKM lokal masuk pasar modern

id UMKM,Mataram,Retail Modern

Pemkot Mataram bantu produk UMKM lokal masuk pasar modern

Salah satu pusat perbelanjaan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Nirkomala

Mataram, NTB (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan membantu berbagai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal bisa masuk ke pasar modern untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. "Sebagai bentuk dukungan kita kepada pelaku UMKM, kita akan mencari pola bagaimana agar hasil produksi UMKM bisa terserap maksimal di pasar modern," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di Mataram, Senin.

Pernyataan itu disampaikan menyikapi masih minimnya hasil produksi pelaku UMKM lokal yang masuk ke retail modern untuk mendukung peningkatan kesejahteraan pelaku UMKM daerah.
 Menurut Wali Kota, selama ini memang sudah ada komitmen di antara retail modern dengan pemerintah kota terkait mengakomodasi hasil produksi pelaku UMKM lokal.

Namun demikian, sebuah pasar modern memiliki standar-standar produksi yang akan diakomodasi, baik itu dari standar rasa, kemasan, izin produksi, tata letak, dan lainnya, termasuk ketentuan sistem pembayaran. "Mungkin itu yang menjadi kendala pelaku UMKM kita, sehingga hasil produksinya belum bisa diakomodasi di retail modern," katanya.

Baca juga: Papua sebut 35 usaha masuk E-Katalog barang dan jasa
Baca juga: UMKM Denpasar ikuti kurasi produk sambut wisman China


Terkait dengan itu, lanjutnya, dalam hal ini perlu ada komunikasi kembali dengan para pengusaha retail modern untuk mendapatkan jalan tengah agar hasil produksi UMKM bisa tetap diakomodasi. "Mungkin kita perlu duduk bersama lagi membantu pelaku UMKM dan retail modern mencari solusi terhadap masalah ini," katanya.

Karenanya, Wali Kota Mataram telah meminta Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM segera menindaklanjuti hal ini sebagai upaya membantu pelaku UMKM membuka pangsa pasar lebih luas melalui penjualan di retail modern.

Di sisi lain, tambah wali kota, untuk mendukung promosi dan pemasaran bagi pelaku UMKM di Kota Mataram, pemerintah kota juga telah menyiapkan lahan di bekas Bandara Selaparang Rembiga, yang saat ini dalam tahap penataan untuk dibuka menjadi bazar UMKM.