Disdag Mataram sebut perputaran uang di pasar rakyat Rp189 juta lebih

id Disdag,Mataram,Retail

Disdag Mataram sebut perputaran uang di pasar rakyat Rp189 juta lebih

Warga Kota Mataram serbu telur murah Rp45.000 per 30 butir dalam kegiatan Pasar Rakyat, Selasa (7/3-2023), yang digelar Dinas Perdagangan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, di Kantor Lurah Pejeruk Ampenan, dalam rangka penyambut bulan Ramadan 1444 Hijriah dan Hari Raya Nyepi 2023. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan perputaran uang dalam kegiatan pasar rakyat sembako murah selama tiga hari yakni 7-9 Maret 2023, mencapai Rp189 juta lebih.

Kepala Bidang Pengendalian Bahan Pokok dan Penting (Bapokting) Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Mataram Sri Wahyunida di Mataram, Jumat, mengatakan tingginya angka perputaran uang itu menjadi salah satu tolok ukur bahwa antusias masyarakat belanja ke pasar rakyat cukup tinggi. "Jika dibandingkan dari kegiatan pasar rakyat sebelum-sebelumnya, satu titik perputaran uang maksimal Rp30 juta," katanya.

Sementara dalam kegiatan pasar rakyat di tiga kelurahan yang sudah berlangsung yakni di Kelurahan Pejeruk perputaran uangnya mencapai Rp60 juta, kemudian di Pagutan mencapai Rp70 juta lebih, dan hari ketiga di Kantor Lurah Kekalik Jaya mencapai Rp59 juta lebih. "Kenaikan perputaran uang dalam kegiatan pasar rakyat kali ini sangat drastis," katanya.

Menurutnya, berdasarkan pendapat masyarakat yang datang ke pasar rakyat mengaku momentum pasar rakyat dilaksanakan tepat karena mendekati hari besar keagamaan yakni Ramadan 1414 Hijriah dan Hari Raya Nyepi 2023.

Selain itu, harga barang-barang dan kebutuhan pokok jauh di bawah harga pasar. Misalnya, untuk beras dijual dengan harga Rp8.600 per kilogram, minyak goreng Rp14.000 per liter, tepung terigu Rp13.000 per kilogram, dan telur Rp45.000-46.000 per 30 butir.

Sementara di pasar harga beras masih sekitar Rp9.450 per kilogram, minyak goreng Rp16.000-Rp17.000 per liter, tepung terigu Rp15.000 per kilogram, dan telur per 30 butir di pasar Rp52.000-Rp54.000.

Baca juga: Disdag Mataram menggelar pasar rakyat guna stabilkan harga pada Maret 2023
Baca juga: Disdag Mataram menggelar pasar sembako murah sambut Ramadhan


"Selain itu masyarakat juga bisa membeli komoditas pertanian dengan harga lebih murah baik itu cabai, tomat, bawang, maupun sayur-sayuran organik dari petani," katanya. Lebih jauh Sri mengatakan pasar rakyat ini dijadwalkan dilaksanakan selama enam hari di enam kecamatan se-Kota Mataram. Pasar rakyat sudah dilaksanakan sejak 7-9 Maret 2023.

"Minggu depan kita lanjut 14-16 Maret 2023, di tiga kelurahan yakni di Kelurahan Rembiga, Bertais, dan Cakranegara Selatan. Harga yang ditetapkan sesuai harga distributor atau harga eceran tertinggi (HET)" katanya.

Dikatakan, kegiatan pasar rakyat digelar mendekati dua agenda besar keagamaan yakni bulan Ramadan dan Hari Raya Nyepi untuk mendekatkan layanan dan memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga distributor sekaligus menstabilkan. "Dalam pasar rakyat kita libatkan sekitar 35-40 distributor termasuk retail modern, Bulog dan Bank Indonesia," katanya. Harapannya, melalui kegiatan pasar rakyat ini dapat membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah.