Ilmu Komunikasi Unram gelar Semnaskom Pengabdian kepada Masyarakat 2022

id Unram

Ilmu Komunikasi Unram gelar Semnaskom Pengabdian kepada Masyarakat 2022

Penandatanganan MoU oleh Prodi Ilmu Komunikasi Unram dengan Prodi Ilmu Komunikasi Tujuh Belas Agustus di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/10/2022).

Mataram (ANTARA) - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram menggelar Seminar Nasional Komunikasi (Semnaskom) pengabdian kepada masyarakat yang keempat di Ballroom Hotel Aruna Senggigi, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/10). 

"Kami mengadakan seminar nasional komunikasi pengabdian kepada masyarakat ini karena hal tersebut bagian dari Tri Dharma (perkuliahan) dan dari pengalaman kami mengadakan seminar nasional banyak sekali ide-ide kreatif dan inovatif yang berhubungan dengan masyarakat yang menurut kami dari tahun ke tahun makin besar tantangannya," Kata Kepala Prodi Ilmu Komunikasi Unram Dr Ir Agus Purbathin Hadi MSi 

Agus juga menambahkan nantinya teman-teman dari luar Lombok dapat melakukan pengabdian masyarakat dan penelitian bersama-sama di Nusa Tenggara Barat. 

Seminar Nasional Komunikasi pada tahun ini mengangkat tema Komunikasi, literasi digital, manajemen risiko, dan pemulihan ekonomi global. 

Sementara itu, tema ini mencakup topik terkait komunikasi digital, media dan transforrmasi budaya, inovasi teknologi untukpemberdayaan masyarakat, menejemen resiko, kampanye komunikasi kesehatan dan kebencanaan, komunikasi lingkungan dan perubahan iklim, hingga penguatan ekonomi kreatif dan pariwisata berkelanjutan. 

"Kami mencoba mengangkat isu-isuaktual mengingat kebutuhan masyarakat serta perkembangan ilmu pengetahuan yang dinamis," kata Ketua Panitia Semnaskom Shinta Desiyana Fajarica SIP MSi. 

Shinta mengatakan, seminar nasional komunikasi  tahun ini menerima 63 artikel hasil pengabdian masyarakat dan para peserta sebagian besar dari berbagai kalangan akademisi dan berasal dari universitas di berbagai daerah di Indonesia. 

Semnaskom tahun ini turut mengundang sejumlah pembicara diantaranya Center of Public Relation, Outreach and Communication Dr Emilia Bassar MSi IAPR, Direktur Pasca Sarjana Unram Prof Ir M Sarjan MAg CP PHd dan Founder of Besiru Hub Ir Lalu Anas Amrullah. 

Prodi Ilmu Komunikasi Unram dalam kesempatan ini juga melakukan kerjasama dengan sejumlah instansi dan tiga universitas dari berbagai daerah di Indonesia melalui penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU). 

Semnaskom ini turut menghadiri sekaligus yang membuka acara, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mataram Agusdin SE MBA DBA. 

Dihadiri juga oleh Rektor Universitas Nusa Nipa, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya dan Universitas Dian Nusantara. 

Selain itu, Ketua Jari Foundation, Founder Besiru Academy, Direktur Utama Destination Management Organization dan Museum Provinsi NTB juga turut menghadiri acara ini.