GOW: Hari Ibu penghargaan bagi perempuan di Indonesia

id gow,mataram,ibu

GOW: Hari Ibu penghargaan bagi perempuan di Indonesia

Salah satu peserta dari 55 lebih peserta defile menggunakan kebaya dalam rangka Peringatan Hari Ibu Ke-94 tahun 22 tingkat Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang sebelumnya dilaksanakanĀ upacara di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Kamis (22/12-2022). ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Mataram Hj Waridah Mujiburrahman mengatakan, peringatan Hari Ibu adalah penghargaan bagi semua perempuan di Indonesia, atas peran dan kontribusi untuk keluarga, masyarakat dan negara.

"Peringatan ini sekaligus menjadi simbol perjuangan bagi perempuan di semua rentang usia," katanya saat memberikan sambutan dalam kegiatan Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 di halaman Kantor Wali Kota Mataram, di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis.

Upacara Hari Ibu tingkat Kota Mataram, dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan dengan menggunakan kebaya dan ASN laki-laki mengenakan batik dirangkaikan dengan kegiatan defile dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) se-Kota Mataram dan organisasi wanita lain yang ada di Kota Mataram.

Dalam kesempatan itu, Waridah mengatakan, peringatan Hari Ibu ke-94 tahun mengambil tema hari ibu mengangkat semangat "Perempuan Berdaya, Indonesia Maju".

"Peringatan Hari Ibu tahun ini menekankan pada makna perjuangan perempuan yang telah diawali dari Kongres Perempuan Pertama pada tahun 1928," katanya.

Peringatan ini juga, katanya, menjadi simbol perjuangan bagi perempuan di semua rentang usia. Baik itu perempuan yang berkiprah baik di ranah domestik, ranah publik, perempuan dengan berbagai profesi, perempuan difabel, perempuan kepala keluarga, perempuan yang sudah berkeluarga dan maupun yang belum berkeluarga, dan sebagainya.

"Perempuan di Indonesia sudah semakin maju dalam berpikir, berkarya, dan memberikan kontribusi yang nyata untuk sekelilingnya, sehingga potensi mereka harus juga mendapat dukungan dari semua pihak," katanya.

Terkait dengan itu, Waridah, mengajak perempuan untuk mengambil peran mengisi pembangunan dan melakukan aksi kolektif setelah pandemi COVID-19.

"Semoga apa yang kita laksanakan hari ini bisa menjadi motivasi awal untuk bangkit bersama mendukung dan membangun program pemerintah," katanya.

Waridah menambahkan, Upacara Peringatan Hari Ibu ini merupakan puncak rangkaian kegiatan Hari Ibu 2022 yang sudah berjalan beberapa waktu sebelumnya.

"Alhamdulillah, berbagai kegiatan yang menjadi rangkaian peringatan Hari Ibu 2022, sebelumnya telah terlaksana dengan baik, sebagai manifestasi keinginan kami perempuan di Kota Mataram untuk berpartisipasi secara aktif dalam laju gerak roda pembangunan," katanya.