Semakin banyak wartawan ikut UKW berdampak bagi pemerintah

id PWI Pusat, PWI Papua, anggota PWI, Papua, UKW,Wartawan abal-abal, wartawan bodrek

Semakin banyak wartawan ikut UKW berdampak bagi pemerintah

Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia Pusat Sulkifli Gani Otto saat menyampaikan sambutan pada acara pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua di Jayapura, Kamis (22/12/2022) (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Jayapura (ANTARA) - Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Sulkifli Gani Otto mengatakan jika semakin banyak wartawan yang mengikuti uji kompetensi akan sangat berdampak bagi negara terutama pemerintah daerah (Pemda).

"Jadi kepala daerah akan bersyukur sebab makin banyak wartawan mengikuti uji kompetensi akan menjadi aset daerah seperti kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM)," katanya dalam acara pemilihan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua di Jayapura, Kamis.

Menurut Sulkifli jika seorang wartawan sudah mengikuti uji kompetensi maka ke depan tindakan-tindakan yang akan dilakukan tidak akan melanggar profesi nya sebagai seorang wartawan. "Tetapi dia yang akan membantu pemerintah dan masyarakat dalam menjalankan apa yang dianggap benar sehingga kami berharap semua wartawan di Papua mengikuti uji kompetensi," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya menilai jika wartawan di Papua cukup dinamis di mana hal tersebut terlihat dari hubungan antara yang muda dan senior sangat bagus. "Sehingga ke depan kami minta PWI Papua lebih memperhatikan calon anggota supaya PWI Papua ke depan akan mempunyai anggota," katanya lagi.

Baca juga: PWI Pusat resmi pecat Iptu Umbaran Widodo
Baca juga: PWI NTB minta kepolisian usut tuntas oknum wartawan gadungan


Dia menambahkan berprofesi sebagai wartawan sangat mulia selain itu akan mendapat banyak pengetahuan dan terus berkembang. "Pengetahuan wartawan itu setiap hari meningkat dan berkembang terus makanya hal tersebut dapat diukur dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)," ujarnya lagi.*