54 calhaj lansia di Lombok Timur prioritas haji 2023

id Jemaah haji 2023,Lansia,Lombok Timur

54 calhaj lansia di Lombok Timur prioritas haji 2023

Warga saat mengecek namanya di daftar pemberangkatan haji 2023 di kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menyatakan, sebanyak 54 orang calon haji (calhaj) lanjut usia menjadi prioritas pemberangkatan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

 "Jamaah calon haji lansia tetap menjadi prioritas pemberangkatan haji tahun ini," kata
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur, Drs H Sirojudin di Selong, Rabu.

Sesuai Surat Edaran Dirjen Pengelolaan Haji dan Umroh Nomor: 21001/DJ/DT/II.II/HJ.03/03/2023 Tentang Jamaah yang berhak melunasi 2023, jumlah JCH Kabupaten Lombok Timur yang berangkat sebanyak 1.067 orang. Sedangkan untuk JCH yang masuk dalam pemberangkatan cadangan, apabila ada JCH yang menyinggung diri itu sebanyak 144 orang.


“JCH yang berangkat itu sebanyak 1.067 yang terdiri dari jemaah lunas tunda sebanyak 429 orang dan jemaah reguler sebanyak 584 orang serta lansia 54 orang,” katanya.

 
Ia mengatakan, nama-nama JCH yang diberangkatkan haji 2023 tersebut telah dilakukan pengumuman atau sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan untuk proses selanjutnya bagi JCH yang berangkat, dilakukan pemberkasan pembuatan paspor dan pengecekan kesehatan.

"Proses selanjutnya persiapan pembuatan paspor dan visa," katanya.

Sementara itu, untuk Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2023 masih belum bisa disampaikan, karena masih menunggu regulasi atau keputusan preseden (Kepres) dari pemerintah pusat.

"BPIH kita masih menunggu regulasi dari pemerintah pusat," katanya.


JCH yang diberangkatkan haji 2023 tersebut telah dilakukan pengumuman atau sosialisasi kepada masyarakat. Sedangkan untuk proses selanjutnya bagi JCH yang berangkat, dilakukan pemberkasan pembuatan paspor dan pengecekan kesehatan.

Ia juga mengimbau kepada para JCH yang diberangkatkan haji 2023 untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menjaga kesehatan, sehingga bisa melaksanakan ibadah haji sesuai dengan yang diharapkan.

"Kita imbau agar JCH menjaga kesehatan dari sekarang dan mempersiapkan diri untuk ibadah," katanya.

Untuk diketahui, Jumlah JCH di Nusa Tenggara Barat yang diberangkatkan melaksanakan ibadah haji 2023 sebanyak 4.493 jemaah yang tersebar di 10 kabupaten/kota.