Pemprov NTB membantu majukan industri tenun di Kota Bima

id Tenun Kota Bima,Tenun Bima, tenun di Oi Fo'o Bima,Gubernur NTB

Pemprov NTB membantu majukan industri tenun di Kota Bima

Gubenur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah (kedua kiri) saat menyapa masyarakat di Kelurahan Oi Fo'o, Kota Bima. (ANTARA/Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat siap membantu mengembangkan industri tenun di Oi Fo'o, Kota Bima.

Gubenur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) akan membantu pengembangan industrialisasi tenun di Oi Fo'o, sehingga dengan begitu tenun Oi Fo'o dapat dikenal dengan tenun khasnya.

"Industrialisasi itu adalah upaya kita mengembangkan ekonomi masyarakat, jadi industrialisasi ini membuat tenun yang harganya 250 bisa jadi 1 juta," ujar Zulkieflimansyah saat menyapa masyarakat di Kelurahan Oi Fo'o Kota Bima dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Selasa.

Oi Fo'o terkenal dengan potensi tenun-nya, karena itu, gubernur berharap bisa mengembangkan industri tenun, melihat potensinya yang besar. Sebab, lanjutnya industrialisasi merupakan proses peningkatan nilai tambah suatu produk mentah yang diolah menjadi berbagai macam produk jadi.

"Sama halnya dengan kain tenun ini, dapat dibuat menjadi sarung, celana, baju, dan lainnya sehingga meningkatkan nilai jual dari tenun tersebut," ucapnya.

"Kedepannya, Oi Fo'o harus menjual barang yg sudah dijahit, agar harganya lebih tinggi," sambung Gubernur NTB.

Bang Zul berharap industrialisasi di Oi Fo'o ini berjalan dengan baik sehingga perekonomian masyarakat di sini dapat meningkat.