Polisi siapkan bus gratis di Bandara Lombok arus balik Lebaran 2023

id Bus di Bandara Lombok,Bus arus balik,Bus,Polres Lombok Tengah

Polisi siapkan bus gratis di Bandara Lombok arus balik Lebaran 2023

Program bus gratis arus balik yang disiapkan Polres Lombok Tengah bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah di Bandara Lombok, NTB. ANTARA/HO-Humas Polres Lombok Tengah.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyediakan bus gratis untuk masyarakat yang akan kembali ke kampung halaman mereka pada arus balik Lebaran 2023.

“Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah menyediakan bus gratis untuk arus balik dengan tujuan Lombok Tengah, Lombok Timur dan Sumbawa,” kata Kasatlantas Polres Lombok Tengah AKP Putu Gede Caka di Praya, Rabu.

Ia mengatakan penyediaan bus gratis arus balik bertujuan untuk mempermudah masyarakat NTB dari luar daerah seperti Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia dan daerah lainnya menuju Kabupaten Lombok Timur - Sumbawa.

Rute ini dipilih lantaran diketahui jumlah masyarakat yang ingin kembali ke Kabupaten Lombok Timur - Sumbawa terpantau mulai meningkat pasca Idul Fitri 2023.

“Arus balik yang bisa dilayani di sini adalah untuk warga yang akan ke Kabupaten Lombok Timur- Sumbawa yang hendak balik dengan menggunakan dua unit bus,” katanya.

Tujuan pelayanan bus gratis tersebut dipilih, karena jumlahnya yang paling banyak dibandingkan arus balik ke daerah lain. Bus gratis untuk arus balik setelah lebaran ini dijadwalkan berangkat pada sore dengan titik kumpul di Bandara Internasional Lombok.

“Jadwal keberangkatannya pukul 17.00 WITA. Program ini dilaksanakan selama libur Lebaran,*katanya.

Sebelumnya, Polres Lombok Tengah juga menyiapkan delapan pos pengamanan dan pelayan untuk mendukung arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Delapan pos pengamanan dan pelayanan tersebut tersebar di jalur jalan Provinsi di Kecamatan Kopang, Praya Timur, Peringgarata, Kota Praya,Kecamatan Jonggat, di area Bandara Lombok dan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Sedangkan untuk personil yang dilibatkan dalam pengamanan libur lebaran 2023 ini mencapai ratusan orang dibantu oleh aparat gabungan TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah.