Jemaah haji NTB tertua berusia 102 tahun asal Lombok Barat

id jemaah haji tertua di NTB,jemaah haji termuda di NTB,Jemaah haji NTB,Jemaah tertua 102 tahun,Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Azis,haji di NTB

Jemaah haji NTB tertua berusia 102 tahun asal Lombok Barat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (Kakanwil Kemenag NTB) H Zamroni Azis. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat menyebutkan jemaah haji tertua Embarkasi Lombok yang akan berangkat tahun ini berusia 102 tahun dan termuda berusia 18 tahun.

"Untuk tahun ini jemaah haji tertua itu berusia 102 tahun dan yang termuda 18 tahun," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) NTB, Zamroni Azis di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan jemaah haji tertua berusia 102 tahun ini atas nama Muhammad Jinambar warga Langko Daye, Desa Langko Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang lahir pada tanggal 1 Juli 1920.

Sedangkan jemaah haji termuda berusia 18 tahun atas nama Anisya Umiturahmania warga Pejarakan, Ampenan Kota Mataram yang lahir pada tanggal 12 Agustus 2004.

"Khusus jemaah haji termuda ini karena menggantikan orang tuanya yang meninggal. Dan dia merupakan ahli waris," ujarnya.

Zamroni menyatakan total kuota jemaah haji asal NTB yang akan berangkat ke tanah suci Makkah sebanyak 4.499 orang.

"Dari jumlah itu sekitar 5 persen atau 225 orang merupakan jemaah haji lansia dan ada penambahan 163 orang jemaah haji termasuk lima orang petugas," ujarnya.

Para jemaah haji ini, kata Zamroni Azis akan diberangkatkan dalam 12 kloter. Di mana mulai masuk asrama haji pada tanggal 6 Juni sampai 20 Juni 2023.