Sistem Pemilu 2024 diperkenalkan "roadshow" di Batam

id Kepri,batam,KPU,pemilu 2024,Kegiatan Road Show pemilu di Batam, Batam, Sistem Pemilu 2024

Sistem  Pemilu 2024 diperkenalkan "roadshow" di Batam

Ketua KPU Kota Batam Martius (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam Kepulauan Riau gencar mengenalkan Pemilu 2024 kepada pemilih pemula melalui kegiatan roadshow ke sekolah dan kampus di daerah setempat.
Ketua KPU Kota Batam Martius mengatakan roadshow tersebut sebagai upaya untuk meningkatnya keikutsertaan pemilih muda (Gen Z) dalam Pemilu 2024.

"Gen Z ini adalah penerus, sehingga ini jadi kualitas untuk masa depan. Memang inilah upaya kami untuk meraih dan mengajak pemilih potensial atau pemilih muda agar lebih meningkat," kata Martius saat dihubungi di Batam, Sabtu.

Selain melakukan roadshow, KPU Kota Batam juga gencar mengenalkan pemilu melalui media sosial seperti Twitter dan Instagram. "Sekarang itu pemilu sudah akrab dengan anak muda, semua juga sudah lewat digital, dan kami pun juga mempromosikan itu melalui Instagram dan Twitter," ujar dia.

Ia menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan Bawaslu, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) serta akademisi di Kota Batam untuk menyampaikan pentingnya menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang.

"Dalam pertemuan itu kami sampaikan mulai dari langkah awal persiapan sampai akhirnya pencoblosan, agar pemilih pemula paham ada tahapan apa saja yang disiapkan oleh KPU," kata Martius.

Baca juga: PKS lirik cawapres Sandiaga dampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024
Baca juga: Dana politik dari jaringan narkoba: Ketua MPR minta Polri dalami


Koordinator Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam Sastra Tamami mengatakan ada sebanyak 11.815 pemilih pemula di daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP). "Sesuai dalam pleno DPSHP ada 11.815 pemilih pemula yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik jelang pemilihan umum (pemilu) 2024," kata Sastra.

Ia menyebutkan pihaknya juga telah melakukan koordinasi bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam agar dapat segera melakukan perekaman KTP elektronik untuk anak usia 17 tahun ke atas. "Ini sudah kita sampaikan ke Disduk untuk segera dilakukan perekaman KTP," ujar dia.