Sebanyak 430 dapat tambahan kuota haji NTB

id Kuota Haji NTB,Haji di NTB,Calon Haji NB,Kemenag NTB,Jamaah Haji NTB,NTB

Sebanyak 430 dapat tambahan kuota haji NTB

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (NTB), Zamroni Aziz. (FOTO ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag) menambah kuota haji untuk Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 430 orang sehingga jumlah jamaah calon haji (JCH) dari wilayah itu yang akan berangkat ke Tanah Suci Arab Saudi menjadi 4.929 orang.

"Alhamdulillah berkat doa seluruh masyarakat NTB, kuota haji kita ditambah 430 sehingga total jumlah jamaah haji NTB ada 4.929. Artinya hampir 5.000 jamaah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat (NTB), Zamroni Aziz usai doa bersama pengurus Ansor NTB di Sekretariat PWNU NTB di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan dengan penambahan kuota haji itu, maka jumlah kloter NTB untuk haji tahun ini juga ikut bertambah dari sebelumnya 12 kloter kini menjadi 13 kloter. "Kloter 13 ini merupakan kloter campuran bersama jemaah calon haji Aceh," ujarnya.

Zamroni menyatakan jamaah haji yang masuk dalam kuota tambahan ini merupakan jamaah haji yang sebelumnya masuk dalam daftar cadangan dan telah melunasi biaya haji."Sehingga ketika (kuota) ini muncul semua berjalan baik. Kuota tambahan ini semua sudah melunasi. Makanya saat manasik kita minta ikutkan dan sedikit pun kita tidak pernah menjanjikan," katanya.

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten Lombok Tengah ini menyampaikan awalnya kuota haji untuk NTB hanya 163 namun kemudian ditambah menjadi 430 orang. "Ini sempat menjadi perdebatan yang luar biasa di Kementerian Agama untuk kuota. Karena kalau kita berdasarkan rasio penduduk maka kita tidak mungkin mendapatkan sejumlah itu. Tetapi kami minta keadilan kepada Dirjen Haji, karena harus juga dilihat masa antrian kita itu 34 tahun maka harus diprioritaskan untuk ditambah tidak hanya 163 tetapi menjadi 430," katanya.

Baca juga: Calon haji lansia di Bogor supaya perhatikan anjuran
Baca juga: Simulasikan layanan satu atap permudah calon haji lansia di Sumbar


Menurut dia dengan adanya tambahan kuota haji sebanyak itu maka jumlah jamaah haji asal NTB di tahun ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah pemberangkatan haji di provinsi itu. "Ini menjadi kuota terbanyak di tahun ini. Dan dalam sejarah haji NTB ini yang terbanyak dengan jumlah jamaah haji sebanyak 4.929 orang," demikian Zamroni Aziz.