Sukabumi perlu penambahan kuota kapasitas PLTB

id PLTB Sukabumi ,Energi Baru Terbarukan ,Energi Listrik ,Kabupaten Sukabumi ,Pemkab Sukabumi,Sukabumi,Sukabumi perlu penambahan kuota kapasitas PLTB

Sukabumi perlu penambahan kuota kapasitas PLTB

Rakor untuk menindaklanjut surat dari UPC Renewables, tentang permohonan dukungan perubahan kuota kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sukabumi 150 MW di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi yang dilaksanaka di Kantor Dinas ESDM Jabar di Bandung. Antara/HO/Pemkab Sukabumi

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendukung penambahan kuota kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sukabumi, Jawa Barat yang awalnya kapasitasnya hanya 60 megawatt (MW) menjadi 150 MW.

"Dengan adanya penambahan kuota ini tentunya untuk mewujudkan sumber energi terbarukan dan memenuhi kebutuhan listrik khususnya di Kabupaten Sukabumi," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman usain melaksanakan rapat koordinasi di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar di Bandung, Selasa.

Menurut Ade, sejak awal Pemkab Sukabumi mendukung penuh rencana pembangunan PLTB di wilayah Kecamatan Ciemas, apalagi pihak kontraktor yakni PT UPC Renewables Indonesia mengajukan penambahan kuota kapasitas PLTB.

Dukungan diberikan Pemkab Sukabumi mulai dari sisi perizinan hingga kesesuaian tata ruang, bahkan pihaknya beberapa kali meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan PLTB untuk memastikan kalaikan lokasi.

Dipilihnya Kecamatan Ciemas menjadi lokasi pembangunan PLTB ini karena memiliki sumber energi kinetik angin yang bisa memutar baling-baling atau kincir angin. Maka dari itu, pihaknya akan terus memberikan yang terbaik agar pembangkit listrik ini segera terbangun dan bisa diperasionalkan untuk memenuhi kebutuhan serta cadangan listrik khususnya di Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan ini pun untuk mendukung dan mewujudkan program pemerintah pusat terkait ketersediaan dan produksi energi listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan yang ramah lingkungan," tambahnya.

Di sisi lain, Ade mengatakan pembangunan PLTB ini juga dapat mendongkrak dunia pariwisata di Kabupaten Sukabumi khususnya objek wisata UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu, karena lokasi PLTB berada dalam kawasan objek wisata tersebut.

Baca juga: PLN gandeng tiga perusahaan bangun PLTB 70 MW di Kalsel
Baca juga: PLN digitizes power plants to bolster operational activities


Maka dari itu, dengan adanya PLTB ini tentunya berdampak positif bagi percepatan peningkatan perekonomian warga Kabupaten Sukabumi, karena selain bisa menambah cadangan energi listrik, keberadaan pembangkit listrik ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini.