Jamaah asal Mataram dapatkan pemondokan di Misfalah di Makkah

id jamaah haji mataram,Haji Mataram,Mataram,Misfalah Arab Saudi

Jamaah asal Mataram dapatkan pemondokan di Misfalah di Makkah

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman (berbaju putih di kiri) menyalami calon haji pada acara pelepasan jamaah dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Lombok di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Sabtu (10/6/2023). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Jamaah asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mendapat jatah pemondokan di daerah Misfalah di Kota Makkah, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

"Pemondokan di Misfalah memiliki jarak dari Masjidil Haram sekitar dua kilometer," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram Jaelani Ibrahim seusai pelepasan jamaah calon haji dalam kelompok terbang 4 Embarkasi Lombok di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Sabtu.

Jamaah asal Kota Mataram yang diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebanyak 669 orang, yang terdiri atas 334 laki-laki dan 335 perempuan.

Jaelani menyampaikan bahwa jamaah calon haji asal Kota Mataram terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) di Embarkasi Lombok.

Perinciannya, sebanyak 388 orang masuk kloter 4, sebanyak 221 orang masuk kloter 10, dan 60 orang masuk kloter 11.

Sebanyak 388 orang yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Lombok masuk ke asrama haji pada 10 Juni 2023.

Selama sekitar 24 jam berada di Asrama Haji Embarkasi Lombok, jamaah dalam kloter 4 dan lima petugas haji yang mendampingi mereka akan menerima paspor dan gelang identitas serta menjalani pemeriksaan kesehatan akhir dan pemantapan manasik haji.

Menurut Jaelani, jamaah akan diberangkatkan ke Arab Saudi dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok pada Minggu (11/6) sekitar pukul 05.30 WITA.

"Karena itu, setelah dzuhur jamaah kita sarankan istirahat untuk menjaga kesehatan," katanya.

Jamaah dalam kloter 4 Embarkasi Lombok dijadwalkan tiba di Kota Jeddah pada 11 Juni 2023. Dari Jeddah, mereka akan diantar menuju ke Kota Makkah dan ditempatkan di pemondokan yang sudah disiapkan di daerah Misfalah.

Jaelani menyampaikan bahwa calon haji asal Kota Mataram yang tergabung dalam kloter 10 Embarkasi Lombok dijadwalkan masuk asrama haji bersama jamaah asal Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Tengah pada 17 Juni 2023 dan pada hari berikutnya diberangkatkan ke Arab Saudi.

Sedangkan 60 calon haji asal Kota Mataram yang tergabung dalam kloter 11 Embarkasi Lombok menurut jadwal masuk asrama haji bersama jamaah dari Kabupaten Lombok Barat dan Dompu pada 19 Juni 2023 dan diberangkatkan ke Arab Saudi pada hari berikutnya.

"Insya Allah jamaah calon haji pada kloter 10 dan 11 juga akan menempati pondok di sekitar Misfalah, sehingga semua jemaah asal Kota Mataram akan bertemu di Tanah Suci," demikian Jaelani Ibrahim.