KI NTB apresiasi pelayanan informasi haji Kemenag

id Haji NTB,Komisi informasi ntb,Kementerian Agama, calon Jemaah haji, NTB

KI NTB apresiasi pelayanan informasi haji Kemenag

Ketua Divisi ASE Komisi Informasi (KI) NTB, Suaeb Qury. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Komisi Informasi (KI) Nusa Tenggara Barat mengapresiasi pelayanan dan informasi publik haji yang dilakukan Kementerian Agama NTB yang dinilai sudah memenuhi standar dan informasi tentang haji.

"Pelayanan dan informasi publik Kementerian Agama NTB sudah memenuhi standar dan informasi tentang haji dari sejak berangkat sampai di Mekkah sudah terpenuhi," kata Ketua Divisi ASE KI NTB, Suaeb Qury di Mataram, Senin.

Ia mengatakan masyarakat baik jamaah maupun keluarga yang ditinggal bisa mengakses secara langsung kondisi keluarga/jamaah haji selama menjalankan ibadah haji melalui live streaming atau siaran langsung yang disediakan Kementerian Agama NTB melalui kanal Youtube.

"Selain itu, pelayanan informasi bagi lansia sudah tersedia di Asrama Haji di Lingkar Selatan, Kota Mataram maupun di Mekkah, sudah disiapkan kanal-nya secara khusus dan terbuka," ujarnya.

Menurut dia, dari pantauannya sejauh ini, akses informasi yang disediakan oleh kementerian agama secara khusus bagi lansia dan informasi, setiap saat juga telah dipublikasikan oleh Kementerian Agama.

"Kami melihat komitmen dan keseriusan pelayanan dan akses informasi bagi jamaah haji dan masyarakat pada umumnya terkait dengan penyelenggaraan haji sudah luar biasa, begitu juga yang dilakukan oleh Kementerian Agama Provinsi NTB," terang Suaeb Qury.

Ia menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi komitmen keseriusan Kementerian Agama NTB, dalam rangka memaksimalkan pelayanan informasi publik dan informasi bagi para jamaah haji di NTB.

"Semoga komitmen di tahun ini, bisa tetap dijaga dan memberikan pelayanan terbaik lagi bagi para tamu Allah SWT," katanya.

Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTB, Zamroni Aziz mengatakan, mengajak masyarakat yang ingin tetap melihat keluarganya agar bisa membuka kanal-kanal media sosial yang dikelola Kemenag NTB. Layanan ini diberikan agar jumlah pengantar ke Asrama Haji tidak membeludak.

"Kami imbau kepada masyarakat bisa menyaksikan secara langsung. Sudah ada pola baru dalam keberangkatan haji tahun ini. Masyarakat dapat menyaksikan keberangkatan CJH melalui live streaming supaya tidak berbondong-bondong ke Asrama atau ke Bandara," ujarnya.

Layanan live streaming pemberangkatan CJH Embarkasi Lombok ini menjadi salah satu inovasi untuk mengobati rasa rindu dan penasaran masyarakat terkait dengan aktivitas jemaah di dalam Asrama Haji maupun saat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM). Karena itulah pihaknya meminta saran dan masukan masyarakat demi pelayanan yang lebih baik.

Baca juga: JCH Kloter 4 asal NTB tiba di Tanah Suci
Baca juga: Ratusan CJH Bengkulu rentan kesehatan


"Kami berkomitmen untuk melayani para jemaah dengan sebaik-baiknya sesuai jargon jamaah haji Indonesia ramah lansia," katanya.