Jamaah haji asal Lombok Barat tiba di Indonesia

id Haji Lombok Barat,Haji di Lombok Barat,Lombok Barat,Kemenag NTB,NTB

Jamaah haji asal Lombok Barat tiba di Indonesia

Jamaah haji asal NTB saat tiba di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis (20/7/2023) (ANTARA/HO-Humas Bandara Lombok)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan haji kelompok terbang (kloter) 03 asal Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di Tanah Air setelah diterbangkan dari Arab Saudi menuju embarkasi Bandara Internasional Lombok.

"Jumlah jamaah haji asal Lombok Barat yang dipulangkan itu sebanyak 388 jamaah," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Arif Hariyanto di Praya, Sabtu.

Ratusan haji asal Lombok Barat yang terdiri dari 196 jamaah pria dan 192 perempuan serta lima orang petugas haji itu diterbangkan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Flight GA 5203 Type Aircraft B777 300ER dengan rute penerbangan MED-KNO-LOP.

"Jamaah haji asal Lombok Barat yang meninggal itu tiga jamaah dan dua jamaah pindah kloter," katanya.

Sebelumnya, ratusan haji asal Kabupaten Lombok Tengah atau kelompok terbang (kloter) 02 tiba di Bandara Lombok setelah diterbangkan dari Mekkah, Arab Saudi, Kamis.

"382 jamaah haji asal NTB yang tiba hari ini (red-Kamis) merupakan jamaah asal Lombok Tengah yang masuk kloter 02," katanya.

Ratusan haji tersebut diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia PK-GIK jenis B777-300ER nomor penerbangan GA5202 dan selanjutnya dibawa menggunakan bus menuju asrama haji Mataram.

"Penjemputan jamaah haji dipusatkan di Asrama haji Mataram," katanya.

Kemudian, sebanyak 385 jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama asal Provinsi Nusa Tenggara Barat tiba di kampung halaman setelah diterbangkan dari Arab Saudi dan tiba di Embarkasi Bandara Internasional Lombok, NTB pada Rabu (19/7).

"Hari ini sebanyak 385 jamaah haji asal NTB tiba di Bandara Lombok," kata Arif.

Jamaah Haji NTB kloter 1 embarkasi Lombok asal Kabupaten Lombok Timur dibawa dengan pesawat Garuda Indonesia PK-GIK jenis B777-300ER nomor penerbangan GA5201. Setelah tiba di Bandara Lombok, para jamaah haji selanjutnya dibawa menuju asrama haji Mataram menggunakan bus untuk dilakukan penyelesaian dokumen kedatangan.

"Jamaah haji ini dibawa langsung menuju asrama haji Mataram," katanya.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan untuk kepulangan jamaah haji asal Nusa Tenggara Barat dimulai tanggal 19 Juli 2023.

"Jadwal kepulangan jamaah haji asal NTB mulai tanggal 19 Juli hingga 2 Agustus 2023," kata Arif.