Dishut NTB Gelar Wisata Sepeda Jelajah Rimba

id Sepeda Gunung NTB

Dishut NTB Gelar Wisata Sepeda Jelajah Rimba

Kepala Dinas Kehutanan NTB Andi Pramaria dan Perwakilan PT NEwmont Nusa Tenggara H Kasan Mulyono

"Kegiatan wisata sepeda ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Bakti Rimbawan pada 16 Maret,"
Mataram (Antara NTB) - Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat bermitra dengan PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) akan mengadakan wisata sepeda bertajuk "MTB Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016" pada 19 Maret 2016.

Kepala Dinas Kehutanan NTB Andi Pramaria di Mataram, Jumat, mengatakan kegiatan Mountain Bike (MTB) Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016 ini merupakan yang pertama kali di selenggarakan di NTB, dengan rute dari Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa, Sesaot ke Desa Batu Mekar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Gelaran yang akan diikuti 200 peserta dari berbagai komunitas sepeda di NTB, Jakarta dan Bali ini diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti Rimbawan, 16 Maret 2016. Dengan mengambil tema "Menyatu dengan alam diusung sebagai gerakan peduli lingkungan dan hutan serta mempromosikan lokasi wisata sepeda di daerah itu.

"Kegiatan wisata sepeda ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Bakti Rimbawan pada 16 Maret," katanya.

Menurut Andi, kegiatan "MTB Jelajah Rimba Pesona Lombok Sumbawa 2016" dengan tema menyatu dengan alam ini, bertujuan ingin memperkenalkan dan mempromosikan kepada komunitas sepeda tentang lokasi-lokasi wisata sepeda gunung di Provinsi NTB. Acara ini juga sekaligus untuk mengkampanyekan kepedulian akan perlindungan lingkungan dan hutan.

"Nanti para peserta akan menyumbang bibit tanaman sekaligus penanaman pohon di sekitar kawasan Tahura Nuraksa. Mengingat, kelestarian lingkungan dan hutan sangat penting bagi kelangsungan pembangunan berkelanjutan di NTB dan menjadi salah satu daya tarik untuk industri pariwisata," jelasnya.

Ia menjelaskan, MTB Jelajah Rimba ini akan memakan waktu selama 3 - 4 jam dengan jarak tempuh sepanjang 30 kilometer melewati jalur tunggal dengan tanjakan dan turunan yang menantang melalui kawasan hutan.

"Kami akan mengundang para penghobi sepeda gunung termasuk Gubernur NTB dan para pejabat di lingkup Pemprov NTB, Polda NTB, TNI, dan komunitas sepeda gunung yang ada di NTB," kata dia.

Selain berwisata sepeda gunung, kata Andi, para peserta nantinya juga akan mengikuti lomba foto bersepeda gunung dan akan dipublikasikan di media sosial untuk menyemarakkan promosi wisata NTB yang mengusung tema Pesona Lombok Sumbawa.

"Harapan kita kegiatan ini dapat terus berkelanjutan. Kepedulian terhadap lingkungan semakin digallakan dan citra NTB sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia semakin lebih dikenal masyarakat. Tidak hanya untuk nasional melainkan juga internasional," tandas Andi. (*)