Posyandu berperan meningkatkan kesehatan masyarakat di Mimika

id Pemkab Mimika,Papua Tengah,posyandu

Posyandu berperan meningkatkan kesehatan masyarakat di Mimika

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono membuka kegiatan pertemuan pembinaan Pokjanal dan Posyandu di Timika pada Rabu, 1/11/2023. (ANTARA/Agustina Estevani Janggo)

Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah mengemukakan bahwa pos layanan terpadu (Posyandu) berperan meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah setempat.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono di Timika, Rabu, mengatakan Posyandu merupakan kelompok kerja yang tugas dan fungsinya saling berkaitan untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

"Posyandu yang berada di kota, kelurahan, bahkan desa berperan penting dalam memenuhi hak masyarakat terhadap kesehatan yang baik," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, kesehatan juga menjadi instrumen penting dalam menentukan indeks pembangunan manusia serta indikator keberhasilan pemerintah yang menjadi prioritas Kabupaten Mimika saat ini. "Diharapkan Posyandu dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terkhusus ibu, anak dan balita di daerah kita," ujarnya.

Dia mengatakan Posyandu memberikan pelayanan kesehatan rutin bagi anak-anak, seperti imunisasi, timbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Peran posyandu sangat penting dalam mengupayakan kesehatan, karena melalui posyandu dapat meningkatkan harapan hidup ibu dan anak," katanya.

Baca juga: Kader posyandu ujung tombak penanganan stunting
Baca juga: Sorong perkuat kader posyandu tangani stunting


Ia pihaknya berharap pengelolaan dan pembinaan Posyandu dapat berlangsung optimal agar upaya meningkatkan kesehatan ibu, bayi dan balita dapat terwujud. "Posyandu benar-benar berkontribusi meningkatkan derajat kesehatan untuk itu perlu dilakukan pembinaan bagi para kadernya," ujarnya.