Dikpora Mataram usulkan Rp10 miliar untuk perangkat UNBK

id Dikpora Mataram

Dikpora Mataram usulkan Rp10 miliar untuk perangkat UNBK

Ilustrasi - Pelaksanaan UNBK. (1)

"Usulan itu sudah kita sampaikan melalui APBD Perubahan 2016"
Mataram (Antara NTB)- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram mengusulkan anggaran Rp10 miliar untuk pengadaan perangkat ujian nasional berbasis komputer (UNBK), agar semua sekolah tingkat SMP/sederajat dapat melaksanakan UNBK.

"Usulan itu sudah kita sampaikan melalui APBD Perubahan 2016, harapannya anggaran tersebut dapat disetujui," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram H Zainal Arifin di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Zainal begitu dia akrab disapa, mengaku sangat optimistis usulan anggaran tesebut dapat terealisasi karena adanya rencana tukar guling gedung PAUDNI oleh pemerintah.

Dengan demikian, dana hasil tukar guling itu akan diperuntukan untuk menambah sarana dan prasarana persiapan UNBK disemua SMP/sederajat di Kota Mataram mulai tahun ajaran 2016/2017.

"Jadi tahun depan sebanyak 24 SMPN di Kota Mataram bisa melaksanakan ujian nasional melalui UNBK," katanya.

Sementara untuk tingkat SMA/sederajat, mulai tahun depan direncanakan kewenangan pengelolaan SMA/sederajat akan diambil oleh Dikpora Provinsi.

Dengan demikian, fasilitas komputer yang ada di beberapa SMA dan SMK yang tahun ini melaksanakan UNBK dapat digunakan untuk tingkat SMP.

"Jadi tahun depan kita lebih fokus menangani SMP, karena itulah kita akan perjuangkan agar tahun depan semua SMPN bisa melaksanakan UNBK," katanya lagi.

Zainal menilai, pelaksanaan ujian nasional melalui UNBK ini lebih baik terutama untuk mengukur tingkat kejujuran siswa, yang selama ini hasil ujian nasional secara manual masih banyak dihantui oleh masalah kebocoran soal dan peredaran kunci jawaban.

"Kalau menggunakan UNBK, semua akan lebih transparan dan efisien," katanya.

Menurutnya, tahun ini dari 7.964 siswa yang mengikuti UN sebanyak 6.761 siswa mengikuti UN secara manual dan 1.203 siswa merupakan peserta UNBK yang dilaksanakan pada enam sekolah.

Enam sekolah yang terdaftar melaksankan UNBK tahun ini adalah, SMPN 2 Mataram, SMPN 6 Mataram, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Mataram, SMP Kristen Aletheia Ampenan, SMP Katolik Kesuma Cakranegara dan SMP Kristen Tunas Daud Mataram. (*)