DISDIKPORA Kota Mataram seleksi calon kepala sekolah

id dikpora,kepsek

Seleksi ini dilakukan untuk mempersiapkan pengusulan penggantian kepala sekolah negeri yang akan berakhir masa jabatan atau pensiun pada Desember tahun ini
Mataram (Antara) - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Mataram, Nusa Tenggara, Barat, melakukan seleksi terhadap para calon kepala sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA negeri di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Mataram Ruslan Effendi di Mataram, Selasa, mengatakan seleksi para calon kepala sekolah negeri tersebut sebagai persiapan untuk pengusulan penggantian beberapa kepala sekolah karena pensiun.

"Seleksi ini dilakukan untuk mempersiapkan pengusulan penggantian kepala sekolah negeri yang akan berakhir masa jabatan atau pensiun pada Desember tahun ini," katanya.

Ia mencontohkan tentang sekitar tujuh sekolah negeri tingkat SD di Kota Mataram yang kepala sekolahnya akan pensiun periode akhir 2013.

Ia mengatakan proses seleksi dan pendidikan serta latihan berlangsung selama tujuh hari, 9-14 September 2013 di Mataram.

Seleksi kepala sekolah diikuti oleh seluruh guru dengan Golongan IV di Kota Mataram.

Ia mengatakan beberapa kriteria sebagai kepala sekolah di daerah itu, antara lain memiliki sertifikat calon kepala sekolah yang diperoleh setelah mengikuti diklat oleh disdikpora setempat.

Peserta diklat, katanya, menjalani sejumlah tes, antara lain menyangkut potensi akademik yang meliputi tes kompetensi profesi, wawasan pendidikan, sosial, dan kewirausaan, serta wawancara.

Seleksi kepala sekolah diselenggarakan oleh disdikpora bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Mataram.