Gubernur Jambi serahkan bantuan untuk siswa tak mampu

id Jambi, pemprov jambi, dumisake pendidikan 2 miliar,Gubernur Jambi serahkan bantuan untuk siswa,bantuan untuk siswa tidak

Gubernur Jambi serahkan bantuan untuk siswa tak mampu

Gubernur Jambi Al Haris saat memberikan bantuan beasiswa pendidikan di Kabupaten Meramgin.(ANTARA/HO/Riky)

Jambi (ANTARA) -
Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan langsung bantuan beasiswa pendidikan untuk siswa tidak mampu yang dikemas dalam program 'Dua miliar satu kecamatan' (Dumisake) yang diberikan kepada siswa SMA, SMK, dan SLB di kabupaten tersebut.\
 
"Bantuan beasiswa pendidikan program Dumisake disalurkan kepada 476 siswa SMA, SMK dan SLB di Kabupaten Merangin," kata Al Haris secara simbolis di SMA Negeri 6 Merangin, Senin.
 
Turut hadir pada penyerahan bantuan pendidikan program Dumisake itu Sekretaris Dinas Pendidikan Umar, Kabid SMA, Kabid SMK, Kabid GTK, dan kepala sekolah SMA, SMK, dan SLB se-kabupaten Merangin.
 
Gubernur Jambi Al Haris juga mengatakan, penerima bantuan Dumisake Pendidikan adalah siswa yang terdapat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI dan pembagian pertama di Merangin untuk anak kita yang layak dibantu dan diharapkan dapat meringankan beban orang tua," kata Al Haris.
 
Bantuan pendidikan tersebut dikatakan gubernur sebagai bentuk motivasi pemerintah kepada siswa anak tidak mampu dan itu bentuk kehadiran pemerintah untuk mereka, agar ada motivasi bagi siswa bahwa mereka tidak sendiri dan ada pemerintah yang memperhatikan.
 
Gubernur juga mengakui yang diberikan tersebut belum sepenuhnya dapat membantu siswa tidak mampu di Provinsi Jambi terutama anak tidak mampu yang menimba ilmu di Madrasah dan untuk yang belajar Madrasah disadari dana kita masih minim belum semuanya bisa menanggung semua biaya pendidikan.
 
"Saya meminta Dinas Pendidikan Provinsi Jambi untuk mengembangkan bantuan Pendidikan tersebut, sehingga porsi bantuan bisa lebih banyak dan kemudian data yang masuk dari sekolah disesuaikan dan harus sesuai dengan kondisi yang sebenarnya," katanya.
 
Pemerintah provinsi (Pemprov) Jambi berharap bantuan pendidikan yang diberikan tersebut semoga dapat menunjang pendidikan penerimanya dan anak-anak rajin belajar, fokus bahwa masa depan mesti semua sukses dan berhasil dan mereka bisa menatap masa depan dengan bahagia.

Baca juga: Pemkot Mataram berikan "trauma healing" siswa di wilayah konflik
Baca juga: Kemenag Mataram mengusulkan bantuan masker siswa madrasah
 
Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jambi M Umar My menyampaikan di Kabupaten Merangin penerima bantuan pendidikan Dumisake berjumlah 475 siswa dan ada dua SLB dengan 12 siswa penerima, 24 SMA dengan 300 siswa penerima, 18 SMK dengan 164 siswa penerima dan bantuan yang diberikan berupa seragam OSIS dan pramuka, buku dan atk, sepatu dan kaos kaki dan alat pendengaran untuk siswa SLB.