Kentongan bambu mendukungan AMIN sudah menyebar ke pelosok nusantara

id Pilpres, pemilu, Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, Prabowo-Ganjar

Kentongan bambu mendukungan AMIN sudah menyebar ke pelosok nusantara

Ilustrasi - Gerakan kentongan bambu pertanda dukungan pasangan AMIN. (ANTARA/Fauzi Lamboka/dok)

Purwakarta (ANTARA) - Sekretariat Kolaborasi Indonesia menyebutkan gerakan kentongan bambu sebagai simbol menyuarakan perubahan bagi pendukung Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar (AMIN) sudah merambah ke pelosok nusantara.

"Simbol gerakan ini sudah tersebar ke pelosok nusantara," kata Wasekjen Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI), Solihin Nurodin di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan bahwa gerakan kentongan bambu sekarang ini tidak hanya berada di pulau Jawa. Namun sudah menyebar dan merambah ke seluruh nusantara seperti Aceh, Kalimantan hingga Papua. 

Disebutkan, kentongan bambu dengan ritme bunyi lima hingga tujuh merupakan simbol para pendukung AMIN diberbagai daerah untuk menyuarakan perubahan. 

Bunyi kentongan bambu itu juga merupakan kebulatan tekad pendukung Anies-Muhaimin untuk memenangkan hingga 57 persen.

Menurut dia, simbol gerakan kentongan bambu kini sudah tersebar ke pelosok nusantara. Sebarannya berbarengan dengan penyebaran jaringan saksi dan pendukung di titik-titik tempat pemungutan suara.

Ia mengatakan, di wilayah perdesaan warga yang menyelenggarakan workshop pemenangan membunyikan kentongan untuk mengingatkan para pendukung AMIN agar hadir dalam kegiatan itu.

“Gerakan pembasisan ini terus-menerus kami lakukan bersama dengan pendukung AMIN lainnya. Kami turut melakukan semacam workshop hingga tingkat kecamatan dan kabupaten,” kata dia. 

Solihin menyebutkan, dengan semakin dekatnya hari pencoblosan pemilu, yakni tanggal 14 Februari 2024, SKI semakin intens berkolaborasi dengan organisasi relawan Anies-Muhaimin di daerah-daerah. 

Sementara itu, saat ditanya mengenai asal usul pukulan berirama lima hingga tujuh kentongan bambu, ia mengatakan kalau ritme tersebut untuk mengingatkan saat Anies Baswedan memenangkan Pilkada DKI Jakarta dengan perolehan suara 57 persen.

Menurut dia, kentongan bambu berirama itu juga dapat berfungsi memberitahukan silent voter pendukung AMIN bahwa mereka tidak sendiri. Jadi bisa disebutkan kalau gerakan kentongan bambu bisa menjadi penyemangat bagi warga untuk bekerja demi kemenangan AMIN.

Pada Pilpres 2024 Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: KPU Tarakan membantah kesan penyelenggara pemilu tak netral
Baca juga: Survei Voxpopuli beberkan pasangan Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran

 
Untuk pasangan Anies-Muhaimin diusung dan didukung Partai NasDem, PKB, PKS dan Partai Ummat. Kemudian pasangan Ganjar-Mahfud diusung dan didukung PDIP, PPP, Perindo, dan Partai Hanura. Sedangkan pasangan Prabowo-Gibran diusung dan didukung Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Partai Gelora, Garuda, serta PSI.