Kemenkominfo membantu wujudkan pemimpin digital di Sulbar

id pemimpin digital,transformasi digital,bts,satu data indonesia,kemenkominfo

Kemenkominfo membantu wujudkan pemimpin digital di Sulbar

Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh. (ANTARA/HO/Diskominfo Sulbar)

Mamuju (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) siap membantu Provinsi Sulawesi Barat untuk mewujudkan pemimpin digital melalui program Digital Leadership Academy (DLA).

"Kementerian Kominfo siap membantu program Digital Leadership Academy (DLA) dalam upaya mewujudkan pemimpin digital di Sulbar," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, di Mamuju, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa DLA bisa memberikan banyak manfaat dan membantu SDM aparatur Pemprov Sulbar, bagaimana memahami cara mengembangkan strategi digital yang efektif, dengan mempertimbangkan berbagai faktor.

"Dengan program ini, juga bisa membantu ASN meningkatkan keterampilan kepemimpinan, menerapkan inovasi dan juga analisis data untuk kepentingan pembangunan daerah," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Penjabat Gubernur menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Kominfo dalam mendukung terwujudnya transformasi digital dan satu data terpadu di Sulbar melalui peningkatan kapasitas SDM aparatur pemerintah.

"Ini merupakan tindak lanjut dari surat yang kami ajukan pada Agustus 2023 kepada Menteri Kominfo serta hasil audiensi kami dengan pak Menteri Kominfo," katanya.

Bantuan Kementerian Kominfo tersebut, kata Zudan Arif Fakrulloh, semakin menguatkan upaya Pemprov Sulbar dalam mendorong pelayanan publik berbasis digital. Saat ini, lanjutnya, Pemprov Sulbar terus melakukan transformasi digital di sektor pemerintahan dan pelayanan publik serta percepatan Satu Data Sulbar menuju Satu Data Indonesia.

"Kami juga berharap Kementerian Kominfo dapat mendukung pembangunan data center termasuk fasilitasi penyediaan wifi di ruang ruang publik," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Selain itu, untuk mendukung terwujudnya transformasi digital dan satu data terpadu, Kementerian Kominfo juga lanjutnya, siap membantu pembangunan 18 BTS di wilayah blank spot di Sulbar.

"Kementerian Kominfo juga siap membantu pembangunan 18 BTS untuk daerah Non 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar), khususnya wilayah wilayah blank spot yang tersebar di Provinsi Sulbar," ujar Zudan Arif Fakrulloh.

Pengajuan pembangunan BTS itu tambahnya, sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo terkait akselerasi peningkatan layanan komunikasi dan informatika kepada masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Kementerian PUPR menerapkan transformasi digital dalam pembangunan IKN
Baca juga: Wamenkominfo menilai inovasi penting percepat transformasi digital


"Atas nama masyarakat Sulbar, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Kominfo untuk mendorong percepatan transformasi digital di Sulbar," kata Zudan Arif Fakrulloh.