Satpol PP Mataram petakan pengamanan jelang Natal 2023

id Satpol PP pantau Natal

Satpol PP Mataram petakan pengamanan jelang Natal 2023

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Irwan Rahadi. (ANTARA/Nirkomala)

Untuk lima gereja yang menjadi pusat perayaan Natal 2023, kami sudah siapkan personel di masing-masing titik sekitar 2-3 anggota
Mataram (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah melakukan pemetaan titik perayaan Natal 2023 untuk memudahkan pengawasan kegiatan tersebut agar bisa berjalan aman dan lancar.

Kepala Satpol PP Kota Mataram Irwan Rahadi di Mataram, Rabu, mengatakan hasil pemetaan sementara perayaan Natal 2023 dilaksanakan pada lima gereja di kota itu. 

"Untuk lima gereja yang menjadi pusat perayaan Natal 2023, kami sudah siapkan personel di masing-masing titik sekitar 2-3 anggota," katanya.

Baca juga: Personel Satpol PP Kota Mataram patroli amankan Natal 2023

Satpol PP menurunkan satu peleton atau 30 anggota untuk patroli mendukung pengamanan Natal 2023 agar berjalan lancar tanpa ada gangguan ketertiban umum.

"Jumlah personel yang kami turunkan untuk patroli 30 orang, sebab kami sifatnya mendukung pengamanan yang dilaksanakan aparat Kepolisian dan TNI," katanya.

Selain itu, lanjutnya, anggota Satpol PP juga disiagakan pada posko pengamanan terpadu yang dibuat oleh Polresta Mataram bersama TNI/Polri serta aparat terkait lain pada tiga titik yakni di simpang Karang Jangkong, Kebon Roek, dan depan Lombok Epicentrum Mall.

Personel di posko terpadu bertugas memantau perkembangan situasi yang terjadi dan ketika ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan, tim terpadu bisa segera bergerak cepat.

"Dengan demikian kami dapat meminimalisir berbagi potensi hal-hal yang tidak kita inginkan," katanya.

Baca juga: Dinkes menyiapkan mobil layanan keliling di posko Natal dan tahun baru

Di sisi lain, lanjut Irwan, kendala yang saat ini masih perlu dilakukan adalah antisipasi umat Nasrani yang ingin merayakan Natal 2023 di rumah-rumah ibadah.

Sementara untuk Natal di rumah ibadah ada regulasi tersendiri, kata dia, karena itu diharapkan hal ini bisa dikomunikasikan dengan baik untuk menghindari berbagai kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harapan kami umat Nasrani bisa melaksanakan Natal seperti tahun-tahun sebelumnya yakni di setiap gereja yang ada di Kota Mataram," katanya.

Lebih jauh Irwan mengatakan bisanya pada malam Natal, anggota Satpol PP juga mengawal langsung Wali Kota Mataram Mohan Roliskana bersama jajaran Forkopimda untuk melakukan pemantauan langsung malam pelaksanaan Natal di sejumlah gereja.

"Harapannya masyarakat bisa bantu menjaga keamanan dengan ikut serta bersama-sama toleransi terhadap setiap kegiatan keagamaan," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram lakukan gelar pasukan perayaan Natal lancar
Baca juga: Personel Satpol PP Kota Mataram patroli amankan Natal 2023