Sebanyak 82,5 persen masyarakat yakin pemilu berlangsung jujur dan adil

id Pemilu 2024,Hasil Survei

Sebanyak 82,5 persen masyarakat yakin pemilu berlangsung jujur dan adil

Tangkapan layar hasil survei Centre of Strategic and International Studies (CSIS). ANTARA/M. Mardiansyah Al Afghani

Jadi, ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu untuk menentukan kerja politik
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 82,5 persen masyarakat Indonesia meyakini penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berlangsung jujur dan adil berdasarkan hasil survei Centre of Strategic and International Studies (CSIS).

"Jadi, ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu untuk menentukan kerja politik," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes dalam Siniar hasil survei Pemilu 2024 secara daring di Jakarta, Rabu.

Survei yang berlangsung pada tanggal 13—18 Desember 2024 terhadap 1.300 responden berusia 17 tahun atau yang sudah menikah itu menunjukkan data bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap jalannya penyelenggaraan pemilu sangat tinggi.

Persentase kepercayaan masyarakat itu meliputi kepemilikan hak yang sama dalam mencoblos sebesar 91,8 persen, keberlangsungan pemungutan suara di TPS yang jujur dan adil 82,5 persen, hak yang sama bagi semua parpol dalam setiap tahapan pemilu 83,8 persen, serta pelaksanaan pemilu yang aman dari kekerasan dan intimidasi sebesar 77,2 persen.

Baca juga: Ketua KPU: Pemilih dapat ajukan pindah TPS H-7 pencoblosan

Sementara itu, jumlah responden yang mengaku tidak yakin pemilu berjalan tanpa kekerasan dan intimidasi hanya  21,9 persen, sekitar 1,7 persen di antaranya berdasar pada pengalaman pribadi yang mengaku pernah mengalami intimidasi menjelang pelaksanaan pemilu.

Selain respons positif terhadap jalannya pemilu, antusiasme masyarakat ikut serta dalam penghitungan suara di TPS juga menunjukkan angka yang menggembirakan.

Berdasarkan hasil survei yang sama, sebanyak 51,3 persen responden menyatakan kesediaannya untuk ikut serta menyaksikan secara langsung pemungutan suara di TPS.

Baca juga: Sebanyak 32 ribu lebih ODGJ ikut nyoblos pada Pemilu 2024 di Jabar

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: KPU Mataram temukan 900 lembar kertas suara Pemilu 2024 rusak
Baca juga: KPU NTB pastikan Distribusi logistik pemilu 2024 sesuai jadwal