Dinkes Mataram minta puskesmas tingkatkan layanan bagi lansia

id pelayanan lansia mataram,puskesmas mataram,kesehatan lansia

Dinkes Mataram minta puskesmas tingkatkan layanan bagi lansia

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Emirald Isfihan (berkaos kuning) berdialog dengan warga lanjut usia di sela kegiatan jalan sehat berkunjung ke lingkungan (Jas Kuning) di Kecamatan Mataram, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (5/1/2024). (ANTARA/HO Dinas Kesehatan)

Kami minta 11 puskesmas se-Kota Mataram aktif memberikan layanan kesehatan terkait penyakit tidak menular dengan berkunjung ke kalangan lansia
Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat meminta puskesmas-puskesmas di wilayah kerjanya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warga lanjut usia (lansia).

"Kami minta 11 puskesmas se-Kota Mataram aktif memberikan layanan kesehatan terkait penyakit tidak menular dengan berkunjung ke kalangan lansia," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram Emirald Isfihan di Mataram, Jumat.

Dalam kegiatan Jalan Sehat Berkunjung ke Lingkungan atau Jas Kuning di wilayah Kecamatan Mataram, Emirald bertemu dengan beberapa warga lansia dan menyampaikan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi lansia.

Baca juga: Dinkes Mataram berikan pelayanan dari pintu ke pintu tekan kasus stunting

Ia mengatakan, puskesmas bisa bekerja sama dengan para kader di kelurahan dalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada warga lansia.

"Selain diperiksa rutin, lansia juga bisa diberikan obat-obatan. Jadi kader berperan juga mengambil dan antarkan obat-obatan tersebut ke lansia," katanya.

Emirald mengatakan bahwa kegiatan posyandu keluarga (posga), yang mencakup pelayanan bagi ibu dengan bayi atau balita, remaja, hingga warga lansia, juga harus rutin dilaksanakan di 325 lingkungan permukiman.

"Jika ada yang tidak datang, maka para kader atau petugas dari puskesmas harus datang ke rumah mereka dan layani di tempat," katanya.

Baca juga: Dinkes Mataram intensifkan pendampingan balita stunting di Kecamatan Sekarbela

Dia meminta para kepala puskesmas untuk rutin melaporkan temuan masalah kesehatan ke Dinas Kesehatan.

"Kepala puskesmas bisa melakukan evaluasi minimal sekali seminggu agar apa yang menjadi kendala bisa kita cari solusi bersama," katanya.

Baca juga: Dinas Kesehatan Mataram melatih 47 dai kesehatan
Baca juga: "Jas Kuning" tingkatkan layanan kesehatan puskesmas di Mataram