Polda NTB berkoordinasi Bawaslu terkait jadwal kampanye terbuka

id koordinasi bawaslu, satgas omb rinjani 2024, jadwal kampanye paslon, upaya pengamanan kampanye

Polda NTB berkoordinasi Bawaslu terkait jadwal kampanye terbuka

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana. ANTARA/Dhimas B.P.

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat melalui Satgas Operasi Mantap Brata (OMB) Rinjani 2024 berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait dengan jadwal kampanye terbuka setiap peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Rio Indra Lesmana di Mataram, Rabu, mengatakan bahwa koordinasi ini bagian dari upaya Satgas OMB Rinjani 2024 agar pengamanan berlangsung optimal saat kampanye terbuka berlangsung.

"Jadi, koordinasi ini bagian dari tanggung jawab kami agar kegiatan kampanye yang masuk dalam tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, damai, dan lancar tanpa gangguan," kata Kombes Pol. Rio.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya sebagai aparat penegak hukum yang menjalankan tugas pengamanan harus mengetahui rencana kampanye terbuka dari masing-masing pasangan calon (paslon).

"Kita ketahui bersama namanya kampanye terbuka itu banyak orang yang akan datang, tentu hal ini menjadi perhatian kami," ujarnya.

Selain mencari informasi terkait dengan rencana kampanye, Rio memastikan bahwa pihaknya juga melakukan koordinasi dengan tim kampanye nasional dari dari masing-masing paslon.

"Ini tujuannya untuk mengetahui berapa simpatisan yang hadir dalam kampanye," ucap dia.

Baca juga: AMIN keberatan iklan Kemhan tampilkan prestasi Prabowo Subianto
Baca juga: Capres Ganjar-Mahfud kampanye kunjungi petani bawang dan ponpes


Dengan mengetahui jadwal dan jumlah massa yang hadir dalam kampanye paslon, Rio mengatakan bahwa pihaknya dapat melakukan pemetaan dan membuat rencana pengamanan dengan matang.

"Dengan begitu, kami bisa terlebih dahulu mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan saat kampanye berlangsung secara terbuka," kata Rio.