Universitas Terbuka luncurkan dua program studi unggulan

id Universitas Terbuka,program studi baru,magister,pendidikan agama Islam

Universitas Terbuka luncurkan dua program studi unggulan

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat (tengah) dalam peluncuran program studi baru S1 PAI dan S2 PAUD di Tangerang, Selasa (16/1/2024). (ANTARA/Indriani)

UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh memiliki tanggung jawab sekaligus peluang untuk ikut berpartisipasi meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Tanah Air

Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) meluncurkan dua program studi (prodi) unggulan baru yakni Sarjana Pendidikan Agama Islam dan Magister Pendidikan Anak Usia Dini.

“UT sebagai perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh memiliki tanggung jawab sekaligus peluang untuk ikut berpartisipasi meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Tanah Air,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, di Tangerang, Selasa.

Caranya, dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda yang ingin mengembangkan kualifikasi dan kualitasnya sebagai sarjana dan magister pendidikan pada bidang keahliannya masing-masing.

Dia menambahkan saat ini UT memberikan layanan kepada sebanyak 525.360 mahasiswa aktif yang tersebar di 34 provinsi dan lebih dari 50 negara.

Baca juga: Nadiem dorong UT dan BP2MI tingkatkan sinergi pendidikan PMI
Baca juga: Universitas Terbuka lakukan transformasi menjadi ekosistem pembelajaran digital

“Ini merupakan sebagai bagian dalam menggelorakan semangat belajar sepanjang hayat bagi semua penduduk Indonesia, terlebih yang masuk dalam usia pendidikan tinggi,” kata dia lagi.

Magister Pendidikan Anak Usia Dini merupakan program studi magister ditawarkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT. Tiga program sebelumnya yaitu Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Matematika, dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Program studi itu dirancang dengan keunikan dan keunggulan prodi ditinjau dari kurikulumnya yang terbagi menjadi lima bidang, yaitu Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran, Perkembangan Anak, Manajemen, Analisis Kebijakan, dan Ke-Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Program studi itu juga menawarkan mata kuliah berbasis praktik, yaitu pengasuhan yang menjadi kekhasan program studi.

Kemudian terdapat dua mata kuliah unggulan, yaitu difusi inovasi pendidikan berbasis konteks PJJ serta mendukung profil konsultan dan pengelola PAUD dan mata kuliah Studi Komparatif PAUD yang rencananya menghadirkan dosen mitra lintas negara serta memungkinkan mahasiswa asing mengikuti mata kuliah itu.

Selanjutnya, program sarjana PAI, kata dia, dibuka bagi calon mahasiswa guru dan non guru. Program studi itu, memiliki empat profil lulusan, yaitu pendidik atau praktisi PAI,  pembantu peneliti atau pengkaji bidang agama Islam, edupreneur pada bidang PAI, serta penggiat pembelajar sepanjang hayat.

Ojat menyebutkan bahwa UT berpartisipasi dalam memenuhi animo pasar akan tingginya kebutuhan guru Pendidikan Agama Islam, baik di sekolah ataupun di madrasah.*

Baca juga: Mahasiswa UT yang melakukan registrasi capai 412.041 orang
Baca juga: Moeldoko meminta mahasiswa jangan malu kuliah di UT