Pemkab Lombok Utara tingkatkan kapasitas pelaku UMKM

id UMKM ,Lombok Utara ,Universitas Terbuka Mataram ,NTB

Pemkab Lombok Utara tingkatkan kapasitas pelaku UMKM

Foto bersama para dosen Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UT Mataram, Nusa Tenggara Barat bersama pejabat Pemkab Lombok Utara, Selasa (10/09/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara berkolaborasi dengan Universitas Terbuka (UT) Mataram, Nusa Tenggara Barat melaksanakan penyuluhan untuk peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Kepala Dinas Koprindag Kabupaten Lombok Utara H Haris Nurdin dalam keterangannya di Lombok Utara, Rabu, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para narasumber dan para pelaku UMKM yang hadir.

"Pentingnya acara ini sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan bagi pelaku usaha di Lombok Utara," katanya saat membuka acara tersebut di PLUT Lombok Utara.

Kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha semakin kompetitif agar kerja sama ini dapat berlanjut di masa depan.

Baca juga: Pemkab Lombok Utara beri bantuan sarana usaha bagi UMKM

Dengan lebih banyak pelatihan dan program yang diarahkan untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kabupaten Lombok Utara.

"Semoga materi yang disampaikan akan menambah pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku UMKM di Lombok Utara," katanya..

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UT Mataram Dr. Maerani Arsasi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Universitas Terbuka dalam mendukung masyarakat melalui program pengabdian masyarakat.

"Kami sebagai institusi pendidikan tidak hanya bertugas memberikan pendidikan kepada mahasiswa, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk berperan aktif dalam memajukan masyarakat," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Utara mendukung penguatan Modal UMKM

Kegiatan ini adalah salah satu upaya kami untuk mendukung UMKM di Lombok Utara agar semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar global, dengan harapan para pelaku UMKM dapat mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan dari acara ini ke dalam praktik sehari-hari.

"UMKM di Lombok Utara semakin mandiri dan mampu menghadapi tantangan ekonomi yang semakin kompleks," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Utara membangkitkan ekonomi dengan bazar UMKM