Pemkab Lombok Utara membangkitkan ekonomi dengan bazar UMKM

id Pemkab Lombok Utara,Bazar UMKM,Kecamatan Bayan

Pemkab Lombok Utara membangkitkan ekonomi dengan bazar UMKM

Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu (kanan), mengunjungi pelaku UMKM tenun yang ikut dalam bazar UMKM di lapangan umum Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat menggelar bazar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai salah satu upaya membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Bazar produk UMKM tersebut dibuka oleh Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu, di lapangan umum Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Senin.

Djohan mengatakan pemerintah daerah berkomitmen untuk mulai membangkitkan ekonomi masyarakat dari ujung timur Bayan, meskipun kondisi sekarang masih memprihatinkan karena pandemi COVID-19.

"Pemerintah daerah akan mengaktifkan UMKM karena salah satu usaha yang bisa menggeliatkan masyarakat kita adalah UMKM," katanya.

Menurut dia, ikhtiar petani di masa pandemi masih relatif bagus, sedangkan pelaku UMKM belum bisa sehingga harus didampingi serius, bukan hanya sekadar seremonial.

Apalagi, kata dia, dana alokasi pendapatan dan belanja daerah (APBD) berkurang Rp300 miliar akibat pandemi COVID-19.

"Makanya saya hadir di sini supaya bisa menyemangati kita semua untuk mengembangkan usaha. Sambil menunggu kondisi pariwisata pulih kembali," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris UMKM Bayan Rusli menjelaskan bazar produk UMKM merupakan program awal dari lembaganya yang akan digelar juga di tiap desa.

"Kami memiliki anggota sebanyak 50 pelaku UMKM. Harapan kami, semoga UMKM di Kecamatan Bayan bisa meningkatkan jumlah produk, kualitas dan kuantitas," katanya.