India Open 2024: Pasangan Fajar/Rian kalah, wakil Indonesia gagal di semifinal

id Fajar/Rian,India Open 2024,Bulu tangkis, India Open 2024

India Open 2024: Pasangan Fajar/Rian kalah, wakil Indonesia gagal di semifinal

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto (kanan) dan Fajar Alfian (kiri) . (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.)

Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis Indonesia kembali gagal menembus semifinal pada dua turnamen yang diikuti di tahun 2024 yaitu Malaysia Open 2024 dan India Open 2024.

Kepastian ini didapat setelah pada India Open, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi harapan terakhir dihentikan lajunya di perempat final oleh pasangan Korea Selatan Min Hyuk Kang/Seung Jae Seo 14-21, 18-21 di Lapangan 1 KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Jumat.

Sebelumnya, pada hari yang sama, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga terhenti di perempat final setelah pebulu tangkis 27 tahun itu kalah dari wakil Hong Kong Cheuk Yiu Lee melalui rubber game dengan skor akhir 17-21, 21-18, 13-21.

Catatan ini mengulangi kegagalan Indonesia di turnamen sebelumnya yaitu Malaysia Open 2024 dimana tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Fajar/Rian yang menjadi harapan terakhir untuk menembus semifinal, gagal mewujudkan hal tersebut.

Pada pertandingan ini, Fajar/Rian terus menguntit Min/Seung di gim pertama. Pasangan Korea Selatan itu memimpin di interval 11-8 dan terus memimpin setelah interval. Min/Seung bahkan memimpin delapan poin saat skor 17-9.

Fajar/Rian sempat mendapatkan lima poin. Namun, di sisa poin-poin tua, Min/Seung tak kesulitan menggapainya untuk menutup gim pertama dengan 21-14.

Memasuki gim kedua, Fajar/Rian mengawalinya dengan baik. Keduanya menjaga keunggulan sampai 14-11. Namun, setelah itu, kran poin Fajar/Rian terhenti karena melakukan beberapa kesalahan sendiri, sedangkan sang lawan merebut enam poin beruntun untuk membalikkan keadaan menjadi 17-14.

Baca juga: Timnas Indonesia di Piala Asia hingga Ginting di India Open 2024
Baca juga: Jadwal laga Piala Asia hingga kiprah Indonesia di India Open


Fajar/Rian sempat mendekat kembali saat skor 16-17 dan 18-19. Namun, upaya keduanya masih gagal untuk merebut kemenangan di gim kedua ketika pengembalian servis Rian gagal melewati net. Min/Seung pun menang dua gim langsung 21-14, 21-18.