Manggarai Timur NTT target 4.108 pemilih pemula perekaman KTP-El

id Disdukcapil Manggarai Timur, Manggarai Timur, Borong, Perekaman KTP-el, pemilih pemula, pemilu

Manggarai Timur NTT target 4.108 pemilih pemula perekaman KTP-El

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur Robertus Bonafantura (ANTARA/HO-Gecio Viana)

Borong (ANTARA) -
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Manggarai Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan sebanyak 4.108 pemilih pemula melaksanakan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) menjelang pemungutan suara pada Pemilu 2024.
 
"Sebanyak 4.108 orang pemilih pemula  belum melakukan perekaman KTP-El," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Manggarai Timur, Robertus Bonafantura saat ditemui di Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai, Selasa (30/1/2024).
 
Dia menjelaskan bahwa sebanyak 4.108 orang pemilih pemula itu berdasarkan rekapitulasi data pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP-El hingga 16 Januari 2024. Untuk percepatan layanan perekaman KTP-El,  Disdukcapil Manggarai Timur melakukan program jemput bola yang diberi nama program "Jebol" dan perekaman KTP-El harian yang di Gedung Kantor Disdukcapil Manggarai Timur.
 
"Lalu ada kebijakan pemerintah pusat istilahnya perekaman KTP-El di luar domisili, jadi pemilih pemula di Manggarai Timur yang sekolah di Ruteng (ibu kota Kabupaten Manggarai) bisa rekam, nanti di Manggarai Timur tinggal cetak KTP-El," katanya.
 
Dia juga menjelaskan program Jebol untuk pemilih pemula dan masyarakat umum akan dilaksanakan pada Jumat (2/2/2024) di tiga kecamatan yakni Kecamatan Congkar, Kecamatan Sambi Rampas dan Kecamatan Elar Selatan.

Baca juga: Pemilu 2024, Mataram gencarkan perekaman KTP elektonik 3.000 pemilih pemula
Baca juga: Disdukcapil Badung Bali menggencarkan perekaman KTP-el bagi pemilih pemula
 
Selanjutnya, kegiatan yang sama akan dilaksanakan pada Jumat (9/2/2024) di tiga kecamatan lainnya yakni Kecamatan Lamba Leda Utara, Kecamatan Elar dan Kecamatan Borong. Dia berharap agar semua pihak untuk ambil bagian untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan perekaman KTP-El sehingga dapat menggunakan hak pilih pada pemilu 14 Februari 2024.
 
"Saya juga harapkan parpol bisa lakukan antar masyarakat ke Kantor Dukcapil atau antar ke kantor kecamatan mereka akomodir untuk perekaman KTP-El," katanya
 
Dia juga memastikan ketersediaan blanko KTP-El, sebanyak terdapat sebanyak 11.011 blanko KTP-El di Disdukcapil Manggarai Timur.